Tanamkan Jiwa Nasionalisme dengan 4 Pilar Literasi Digital

Wamenkominfo Nezar Patria (kemeja putih).
Sumber :
  • VIVA/Lazuardhi Utama

VIVA Tekno – Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria mengajak generasi muda untuk menanamkan jiwa nasionalisme masa kini melalui empat pilar literasi digital, yang merupakan salah satu program strategis Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”

"Saya kira lewat literasi digital yang dilakukan Kominfo, kami mencoba membangun apa yang disebut dengan digital culture atau budaya digital," kata dia, dalam keterangan resminya, Kamis, 17 Agustus 2023.

Nezar mengingatkan tugas sivitas Kominfo ialah membangun konektivitas digital yang merata di seluruh Tanah Air. Pada saat bersamaan, terdapat tantangan untuk membangun budaya digital, terutama di kalangan generasi muda.

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Ia menilai saat ini adalah era cyber space (ruang siber) dan digital, di mana informasi mengalir dengan sangat cepat melalui internet.

Generasi muda, terutama yang hidup di abad 21, merupakan generasi digital yang memiliki akses global terhadap berbagai situs tanpa hambatan yang signifikan.

Kemenkominfo Mengadakan Talkshow Chip In “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet”

"Generasi muda kita terutama yang hidup di abad 21 adalah generasi digital dan mereka menerima informasi secara global, mengakses semua situs-situs tanpa banyak halangan, pengetahuannya jauh lebih baik daripada pengetahuan generasi sebelumnya," tutur Nezar.

Menurut Wamenkominfo, sejak proklamasi kemerdekaan RI pada 1945 hingga 2023 masih banyak tantangan dalam menumbuhkan nilai-nilai nasionalisme.

"Jarak yang jauh ini telah melahirkan cukup banyak generasi. Mungkin kita masuk generasi keempat pascamerdeka. Ini tantangan yang tidak mudah,” kata Nezar Patria.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya