Google Doodle Hari Ini Angkat Tema Hari Kemerdekaan Indonesia

Google Doodle peringati Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia.
Sumber :
  • Google

VIVA Tekno Google turut merayakan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia. Google Doodle hari ini memperlihatkan ciri khas masyarakat Indonesia yang mengadakan berbagai lomba untuk memeriahkan 17 Agustus.

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Dalam blognya, raksasa teknologi itu menjelaskan bahwa gambar tersebut diilustrasikan oleh seorang artis yang berbasis di Jawa Barat, Diela Maharanie dengan tema merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, yang dikenal secara lokal sebagai 'Tujuhbelasan'.

"Pada hari ini di tahun 1945, Indonesia secara resmi mendeklarasikan kemerdekaan dari penjajahan Belanda," tulis Google, dikutip pada Kamis, 17 Agustus 2023.

7 Rahasia Google

Saat membuka browser Google maupun Chrome, itu akan memperlihatkan ilustrasi Tujuhbelasan. Jika gambar tersebut diklik, maka akan mengeluarkan animasi layaknya kertas warna merah dan putih yang akan memenuhi layar ponsel.

Lebih lanjut dituliskan bahwa Hari Kemerdekaan dimulai dengan siaran langsung kemeriahan dari Istana Negara yang dihadiri presiden dan tokoh-tokoh penting lainnya, parade dari marching band sebelum militer melakukan salut senjata.

Google Fires 28 Employees Because of Nimbus Project

Google.

Photo :
  • Getty Images

"Selama upacara, orang Indonesia mengibarkan bendera merah putih. Merah melambangkan keberanian, dan putih melambangkan kejujuran," lanjut Google.

Tema nasional HUT Kemerdekaan tahun ini adalah 'Terus Melaju Untuk Indonesia Maju', mewujudkan semangat gotong royong, kebersamaan untuk mempercepat pertumbuhan negara, dengan tetap menjaga kearifan lokal. 

Pesan-pesan tersebut sering dijumpai pada olahraga lokal seperti sepak takraw dan bulu tangkis, atau permainan khusus Tujuhbelasan seperti balap karung, lomba makan kerupuk, dan panjat pinang.

"Karya seni Doodle hari ini mewakili masyarakat Indonesia yang berkumpul untuk memainkan permainan tradisional Hari Kemerdekaan, mengingat pentingnya kolaborasi. Selamat Hari Kemerdekaan ke-78," tutup Google.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya