India Bangun Stasiun Luar Angkasa pada 2024, Balik Lagi ke Bulan Besok

Pesawat luar angkasa India, Chandrayaan-3.
Sumber :
  • ISRO

VIVA Tekno – India telah mengumumkan rencana misi ke bulan, bersamaan dengan pendirian stasiun luar angkasa pada tahun 2040, kata Perdana Menteri Narendra Modi.

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

Negara berpenduduk terpadat di dunia ini sedang meningkatkan program luar angkasanya, dan sedang mempersiapkan uji terbang untuk misi luar angkasa berawak pertamanya pada Sabtu pekan ini.

“India sekarang harus mencapai tujuan baru dan ambisius, termasuk mendirikan Stasiun Luar Angkasa India pada tahun 2035 dan mengirimkan orang India pertama ke bulan tahun 2040,” kata pemerintah dalam sebuah pernyataan pada awal pekan ini, melansir DW, Jumat, 20 Oktober 2023.

Ini Dia Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Bisa Angkut 235 Orang Sekaligus

India Sudah Sampai Bulan

Photo :
  • VIVA
Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

“Untuk mewujudkan visi ini, Departemen Luar Angkasa akan mengembangkan peta jalan eksplorasi bulan,” tambah pernyataan itu.

Misi berawak ke luar angkasa selama tiga hari dinamakan “Gaganyaan” atau "Skycraft". Diperkirakan akan berlangsung tahun depan dan akan menelan biaya sekitar $1,08 miliar (€1,02 miliar), menurut badan antariksa India ISRO.

India dikenal menjalankan operasi luar angkasa berbiaya rendah. Para ahli mengatakan hal ini dimungkinkan dengan menyederhanakan teknologi yang ada, dan mempekerjakan sejumlah besar insinyur di India yang bayarannya tidak sebesar rekan-rekan mereka di dunia.

Pada bulan Agustus, India menjadi negara pertama yang mendaratkan pesawat di dekat kutub selatan bulan. Bulan lalu, India juga sukses meluncurkan misi dengan meluncurkan pesawat luar angkasa untuk mengamati lapisan luar matahari.

Ilustrasi pesawat Luar Angkasa

Photo :
  • ISRO India

Pada tahun 2014, ISRO menempatkan satelit ke orbit di sekitar Mars, dan meluncurkan 104 satelit pada tahun 2017.

India juga memiliki rencana untuk bersama-sama meluncurkan penyelidikan ke bulan dengan Jepang, mendaratkan pesawat di Mars, dan mengirim misi ke Venus dalam dua tahun ke depan.

India menyatakan bahwa mereka hanya menyumbang dua persen dari $386 miliar (€384 miliar) ekonomi antariksa global, dan diharapkan akan meningkat menjadi sembilan persen pada tahun 2030.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya