Viral Teknologi Canggih Lift yang Bisa Angkut Kapal Terbesar di Dunia

Lift kapal Goupitan di China.
Sumber :
  • Istimewa

China – Lift kapal adalah proses atau sistem yang digunakan untuk memindahkan kapal-kapal dari satu lokasi ke lokasi lain, baik di dalam air maupun di daratan.

Kiamat Diprediksi Ilmuwan Bakal terjadi Tahun 2026, Ini Penjelasannya

Ini mungkin melibatkan penggunaan teknologi seperti lift kapal, derek, kereta khusus, atau metode transportasi lainnya yang dirancang untuk mengangkut kapal dengan aman dan efisien.

Lift kapal diperlukan ketika kapal perlu dipindahkan antara sungai, danau, laut, atau daratan untuk perbaikan, pemindahan, atau tujuan lainnya.

Menggenggam Kilau Emas, Kisah Inspiratif Yoki Hardian Tenggara

Sistem lift kapal sering kali memanfaatkan teknologi dan rekayasa tingkat tinggi, untuk mengatasi tantangan unik yang terkait dengan ukuran dan berat kapal yang besar.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Lift kapal Goupitan di China

Photo :
  • Istimewa

Dilansir dari Oddity Central, Senin, 23 Oktober 2023, Lift kapal Goupitan di China adalah salah satunya, Di mana inovasi mengagumkan dari bidang teknik ini mampu mengangkat kapal dengan bobot hingga 500 ton ke ketinggian mencapai 199 meter (653 kaki).

Lokasi bendungan ini ditandai oleh perubahan drastis dalam permukaan air yang membuat navigasi saluran air besar menjadi tugas yang sangat sulit.

Namun, berkat teknologi canggih semuanya menjadi lebih mudah. Dan lift kapal Goupitan ini dibuat terhubung langsung dengan Pembangkit Listrik Tenaga Air Goupitan.

Bendungan ini selesai dibangun pada tahun 2021 dan terdiri dari tiga lift hidrolik yang berbeda yang terhubung melalui saluran air sepanjang 2,3 kilometer.

Terletak di Sungai Wu, anak sungai Yangtze di Guizhou, lift kapal Goupitan adalah salah satu keajaiban teknologi paling menakjubkan di dunia, yang secara signifikan mempermudah perjalanan di jalur air.

Ketiga lift yang terbentuk secara kompleks membuat pengangkutan kapal Goupitan masing-masing memiliki kapasitas angkat sebesar 1.800 ton. Dan mampu mengangkat kapal dengan kecepatan 8 meter per menit.

Institut Survei Changjiang memutuskan untuk membagi sistem ini menjadi tiga tahap berbeda untuk memaksimalkan efisiensi dalam pengangkutan dan mengurangi risiko kemacetan.

Ketika sebuah kapal melewati lift pertama, kapal lain dapat segera diangkat, sementara kapal pertama melanjutkan perjalanannya melalui lift kedua dan ketiga.

Setiap elevator terdiri dari dua baris drum kabel hoist dan kotak roda gigi yang terletak di kedua sisi reservoir pengangkat kapal.

Lift kapal Goupitan di China

Photo :
  • Istimewa

Menurut Stromag, salah satu merek mitra dalam pengembangan pengangkutan kapal terbesar di dunia ini.

"Desain ini memungkinkan kecepatan pengangkatan sekitar 8 meter per menit, memungkinkan pengangkatan atau penurunan kapal hingga 500 ton (sekitar berat rata-rata kapal penumpang) dalam waktu hanya 10 menit. Ini secara signifikan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk melewati bendungan."

Sebelumnya, rekor 'lift kapal terbesar' dipegang oleh kompleks Pembangkit Listrik Tenaga Air Three Gorges di China yang hanya memiliki perbedaan panjang 14 meter dibandingkan dengan Goupitan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya