Badai Matahari Hantam Bumi Ciptakan Warna Labu Memenuhi Langit

Badai Matahari Hantam Bumi Ciptakan Warna Labu Memenuhi Langit
Sumber :
  • Fotografer Harlan Thomas

Kanada – Badai matahari baru-baru ini menghantam Bumi dan menciptakan sesuatu yang tampak seperti pilar-pilar berwarna labu cerah yang menari-nari di langit malam di atas Kanada, sebuah foto baru yang menghantui terungkap. Namun ada masalah dengan gambar tersebut: aurora berwarna oranye seharusnya tidak ada.

Kapan Bumi Kiamat?

Alih-alih aurora yang mustahil terjadi, gambar tersebut sebenarnya menangkap perpaduan cahaya merah dan hijau langka yang belum pernah terlihat sejak badai matahari Halloween yang dahsyat menghantam Bumi 20 tahun lalu, kata para ahli, dikutip dari Live Science, Rabu, 1 November 2023.

Badai Matahari Hantam Bumi Ciptakan Warna Labu Memenuhi Langit

Photo :
  • Fotografer Harlan Thomas
Viral Bule Kanada Ungkap Pengalaman Nikah dengan Wanita Indonesia: Mereka yang Terbaik

Warna oranyenya indah sekali, sungguh luar biasa,” kata fotografer aurora Harlan Thomas kepada Spaceweather. 

“Pilar-pilar di tengah tetap bersinar di sana selama lebih dari 20 menit,” imbuhnya.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Thomas menangkap gambar berwarna-warni tersebut pada 19 Oktober di atas kolam di sebelah barat Calgary di Alberta, sekitar tiga hari setelah matahari meluncurkan coronal mass ejection (CME) yang besar dan kuat dan bergerak lambat ke arah Bumi.

Aurora tercipta ketika partikel berenergi tinggi dari CME atau angin matahari melewati perisai magnet bumi, atau magnetosfer, dan menyebabkan molekul gas menjadi sangat panas di bagian atas atmosfer. 

Molekul yang tereksitasi melepaskan energi dalam bentuk cahaya, dan warna cahaya tersebut bergantung pada unsur mana yang tereksitasi. 

Aurora atau cahaya utara dari badai matahari

Photo :
  • Dailymail

Dua warna aurora yang paling umum adalah merah dan hijau, yang keduanya dihasilkan oleh molekul oksigen pada ketinggian berbeda (aurora merah dihasilkan di ketinggian lebih tinggi dibandingkan varian hijaunya). 

Namun ketika partikel matahari menembus jauh ke atmosfer, mereka juga dapat memicu aurora merah muda yang langka ketika mereka merangsang molekul nitrogen.

Diberitakan Spaceweather, secara teoritis, molekul oksigen dan nitrogen dapat mengeluarkan panjang gelombang oranye dalam kondisi tertentu. 

Namun, bahkan ketika hal ini terjadi, warna jingga tetap kewalahan oleh warna lain yang dilepaskan oleh molekul di sekitarnya, sehingga hampir tidak mungkin untuk melihat panjang gelombang ini.

Ilmuwan cuaca luar angkasa mengatakan, mungkin itu ada pencampuran dari dua proses, aurora merah dan hijau.

“Mungkin ada pencampuran dari dua proses [aurora merah dan hijau], yang menipu kamera dan mata dengan mempercayai bahwa itu berwarna oranye,” kata Kjellmar Oksavik, ilmuwan cuaca luar angkasa dan pakar aurora di Universitas Bergen di Norwegia.

“Pada kenyataannya, warnanya merah dan hijau pada saat bersamaan,” lanjutnya.

Meskipun aurora merah dan hijau sering muncul bersamaan di langit, aurora "oranye" sangat jarang terjadi. Warna oranye paling terlihat di pusat sinar aurora besar, pilar cahaya vertikal yang sejajar di sepanjang garis medan magnet tak kasat mata yang terdiri dari cahaya merah dan hijau, yang sangat jarang terjadi, kata Oksavik.

Terakhir kali warna cerah seperti labu terlihat adalah badai besar Halloween pada tahun 2003, badai matahari paling kuat dalam catatan modern. Selama peristiwa epik ini, cahaya oranye terlihat di seluruh Amerika Utara dan Eropa utara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya