Kemenkominfo Ungkap Kunci Bangun 'Society 5.0'

Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Kemenkominfo, Ismail (dua kanan).
Sumber :
  • Dok. Kominfo

VIVA Tekno – Inovasi menjadi krusial untuk menghadirkan solusi yang optimal dalam mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi masyarakat di sektor industri.

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

Bagi individu, penerapan konsep Society 5.0 berdampak signifikan terhadap cara berpikir dan perilaku, baik pada tingkat individu maupun masyarakat secara keseluruhan.

Manfaatnya bagi Indonesia mencakup peningkatan dan optimalisasi kualitas layanan publik, peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat, serta pertumbuhan ekonomi melalui transformasi pola kerja dan bisnis.

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”

Hal ini pada akhirnya dapat berpengaruh positif pada pendapatan.

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Konsep Society 5.0

Photo :
  • uk.emb-japan.go.jp

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Ismail, mengatakan jika pemerintah memberikan dukungan penuh terhadap upaya berbagai pihak untuk membangun infrastruktur digital yang lebih merata.

"Kami berkomitmen penuh untuk mengoptimalkan pertumbuhan ekosistem digital melalui berbagai inisiatif," kata dia di Jakarta, Kamis, 23 November 2023.

Ismail menambahkan kalau kolaborasi dapat menjadi kunci untuk membangun Society 5.0.

"Dalam kolaborasi ini pemerintah harus pandai menjadi orkestrator, penyedia layanan telekomunikasi dari sisi infrastruktur juga harus berjalan dengan keberlanjutan serta terjamin untuk memastikan kesiapan infrastruktur," tutur Ismail.

Di sisi lain, lanjut dia, aplikasi dan solusi kreatif dari anak bangsa juga harus tumbuh dengan cepat dan tepat untuk mendukung talenta digital yang akan muncul dari generasi muda di masa depan.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Lintas Teknologi Indonesia Muhamad Paisol mendorong kolaborasi antarsektor industri, pelaku bisnis, penyedia teknologi dan pemangku kebijakan, dapat melahirkan berbagai inovasi pengembangan teknologi dan ekosistem ekonomi digital di Tanah Air.

"Kami terus mendorong akselerasi transformasi digital sebagai upaya dalam membentuk peta jalan digital Indonesia," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya