Ekonomi Baru Tak Bisa Jalan Sendiri

Komisaris Utama Telkomsel Wishnutama.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA Tekno – Komisaris Utama Telkomsel Wishnutama mengatakan ekonomi baru dapat mengakselarasi kemajuan bangsa dan memerlukan kerja sama dari berbagai pihak untuk mencapainya. Ia menilai ekonomi digital hanya sebuah bagian dari ekonomi baru.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Dengan ekonomi baru maka kemajuan Indonesia dapat dikembangkan secara lebih cepat dari yang sudah ditargetkan sehingga bangsa mendapatkan manfaat dari hal itu.

"Jadi, bagaimana ke depan kita sebagai bangsa, bukan hanya bicara soal ekonomi digital, tapi ekonomi baru," katanya di di Jakarta, Kamis, 23 November 2023.

Volume Transaksi BRImo Capai Rp 1.251 Triliun di Kuartal I-2024

Wishnutama mengambil contoh China, yang memiliki porsi ekonomi digital sebesar 41 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional. Pertumbuhan 41 persen ekonomi digital China tersebut berasal dari ekonomi baru.

Ekonomi digitalnya, lanjut dia, naik dari 20 persen pada 2011 menjadi 41 persen pada 2022. Oleh karena itu, penting untuk menciptakan ekosistem baru guna memfasilitasi berkembangan ekonomi baru.

Setuju Pembatasan Impor Barang Jadi Elektronik

Upgrade 4G LTE Telkomsel.

Photo :
  • Dok. Telkomsel

Wishnutama mengatakan Telkomsel berupaya untuk membantu menciptakan ekosistem tersebut. Mengutip data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), yang menunjukkan bahwa pengguna internet di Indonesia ada sebanyak 215 juta orang.

Angka tersebut didorong oleh berbagai faktor, salah satunya pandemi Covid-19, yang memungkinkan orang untuk beraktivitas di rumah saja.

Berbagai platform digital tumbuh dengan pesat, begitu pun dengan adopsi teknologi. Menurut dia, meski mendatangkan berbagai keuntungan, ada juga tantangan-tantangan yang ditimbulkan oleh teknologi. Salah satu tantangan yang dihadapi adalah bagaimana Indonesia mendapatkan manfaat dari kemajuan teknologi.

"Indonesia perlu bekerja sama dengan pihak lain, misalnya perusahaan teknologi asing, supaya mendapatkan manfaat besar untuk jangka panjang bagi bangsa. Salah satu sektor yang mendapatkan manfaat besar dari perkembangan teknologi adalah keuangan karena sejak lama memiliki regulasi yang ketat," tutur Wishnutama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya