Jadwal Penerbangan ke Luar Angkasa di 2024

Ilustrasi pesawat luar angkasa.
Sumber :
  • ISRO India

Jakarta – Dua ribu dua empat akan menjadi tahun yang luar biasa untuk misi luar angkasa – terutama ke Bulan – tetangga terdekat Bumi, dan hal itu merupakan kelanjutan dari misi tahun lalu.

Kapan Bumi Kiamat?

Nah, berikut deretan misi penjelajahan luar angkasa yang akan meluncur di tahun ini, sebagaimana dilansir VIVA Tekno dari laman Gree Reporter, Rabu, 3 Januari 2024:

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Ilustrasi sampah luar angkasa yang mengorbit Bumi.

Photo :
  • NASA

Eksplorasi Ruang Angkasa ke Bulan: Misi CLPS NASA

Bumi Resources Raih Laba Bersih US$67,63 Juta di Kuartal I-2024

Rangkaian misi Commercial Lunar Payload Service (CLPS) Nasa, yang sebagian besar akan diluncurkan pada tahun 2024, akan membawa berbagai instrumen ke Bulan. Misi-misi ini dibuat dan diluncurkan oleh berbagai perusahaan swasta di bawah kontrak dari Nasa.

CLPS-2 dijadwalkan untuk diluncurkan pada awal Januari 2024, dan ada empat misi CLPS lainnya yang direncanakan untuk diluncurkan sepanjang tahun ini. Itulah bagusnya Bulan - jaraknya sangat dekat sehingga tidak ada banyak kekhawatiran tentang jendela peluncuran (tidak ada orbit yang rumit untuk dihitung) atau jarak yang harus ditempuh.

Memang, eksplorasi manusia di Bulan diharapkan bisa mengambil langkah kecil ke depan, mungkin paling cepat November 2024, ketika Artemis II mengorbit Bulan selama beberapa hari. Salah satu astronot yang akan berada di dalamnya adalah perempuan - sebuah lompatan besar dalam penjelajahan yang selama ini hanya dilakukan oleh laki-laki.

Trailblazer

Melanjutkan tema bulan, misi Trailblazer milik Nasa melakukan perjalanan ke Bulan untuk memahami di mana letak air berada. Apakah air terkunci di dalam batuan sebagai bagian dari struktur mineral, atau apakah air disimpan sebagai es di permukaan berbatu?

Trailblazer saat ini dijadwalkan untuk diluncurkan pada kuartal pertama 2024. Namun, belum ada tanggal pasti yang dikonfirmasi. Ini adalah misi kecil, bagian dari program eksplorasi bulan manusia Artemis.

Chang'e 6

Ilustrasi peluncuran roket milik China ke luar angkasa.

Photo :
  • npr.org

Peluncuran Chang'e 6, misi terbaru Cina ke Bulan, direncanakan pada Mei 2024 dan dimaksudkan untuk membawa material kembali ke Bumi. Hal ini sangat penting karena wahana antariksa ini akan mengumpulkan materi dari sisi jauh Bulan - Cekungan Aitkin di Kutub Selatan.

Cekungan ini merupakan wilayah yang diyakini memiliki air beku yang melimpah. Kita belum memiliki sampel materi dari bagian Bulan ini - dan meskipun es akan sudah lama hilang ketika sampel tiba di Bumi, diharapkan kita bisa belajar banyak tentang wilayah yang belum dijelajahi ini dan potensinya sebagai sumber air bagi para pengunjung.

Misi luar angkasa ke asteroid yang akan diluncurkan pada tahun 2024

Pada bulan September 2022, misi Dart milik Nasa bertemu dengan sistem yang terdiri dari dua asteroid yang disebut Didymos dan Dimorphos, dan menabrak Dimorphos (mitra yunior). Tabrakan ini memiliki tujuan: untuk melihat apakah tabrakan semacam itu dapat mengalihkan asteroid dari jalurnya - tujuan yang penting jika Bumi menjadi target tabrakan langsung oleh asteroid yang datang.

Dua tahun kemudian, misi Hera milik Badan Antariksa Eropa (ESA) akan diluncurkan untuk mengunjungi pasangan asteroid yang sama. Misi ini tidak dirancang untuk menabrak salah satu dari kedua benda tersebut, melainkan untuk mengukur efek tumbukan Dart sebelumnya.

Pada saat tabrakan terjadi, orbit Dimorphos mengelilingi Didymos menjadi lebih cepat 33 menit - sebuah pergerakan signifikan yang menunjukkan bahwa jalur asteroid bisa dibelokkan.

Europa Clipper

Ilustrasi stasiun luar angkasa China

Photo :
  • YouTube / Courtesy of CCTV

Meluncur hampir bersamaan dengan Hera adalah misi unggulan Nasa: Europa Clipper ke bulan es Jupiter, Europa. Misi ini sudah lama ditunggu-tunggu, sejak misi Galileo pertama kali memperlihatkan pemandangan permukaan es Europa di akhir tahun 1990-an. Sejak saat itu, kita telah mengetahui tentang lautan yang bersembunyi di bawah cangkang es.

Europa Clipper akan terbang melintasi Europa antara 40 sampai 50 kali, mengambil gambar permukaan Europa secara detil, memonitor gumpalan es, dan yang paling penting, mencari tahu apakah bulan ini memiliki kondisi yang cocok untuk mendukung kehidupan. Misi ini juga akan menyelidiki apakah lautan Europa asin, dan apakah ada unsur pembentuk kehidupan (karbon, nitrogen, dan sulfur).

Sayangnya, baru pada tahun 2030 hasil pengamatan ini akan dikirimkan kembali kepada kita, jadi kita harus menunggu dengan sabar sampai saat itu tiba.

MMX

Ilustrasi senjata satelit di luar angkasa.

Photo :
  • Getty Images

Saya memulai artikel ini dengan menyebutkan kegembiraan saya atas kembalinya materi dari Bennu. Saya akan mengakhirinya dengan antisipasi saya akan penemuan-penemuan yang akan datang. Saya tahu bahwa saya telah menyebutkan kembalinya materi dari Bulan - tapi sebenarnya, saya jauh lebih senang dengan prospek kembalinya materi dari bulan lain. Bulan yang dimaksud adalah Phobos, salah satu satelit Mars.

Peluncuran misi Eksplorasi Bulan Mars (MMX) Badan Antariksa Jepang ke Phobos saat ini dijadwalkan pada bulan September 2024, dan dirancang untuk mengembalikan materi ke Bumi pada tahun 2029.

Saya akan berusia 70 tahun pada saat materi itu kembali - tetapi, saya harap, tidak terlalu tua untuk menikmati analisis sampel unik dari benda misterius.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya