6 Program Strategis Efektif Percepat Transformasi Digital

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi.
Sumber :
  • Kemenkominfo

VIVA Tekno – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyebutkan enam program strategis yang dijalankan oleh kementeriannya terbilang efektif dalam rangka mempercepat transformasi digital nasional.

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

Program itu meliputi penyediaan infrastruktur seluler di daerah 3T, fasilitas jaringan seluler 4G di daerah non-3T, Digital Talent Scholarship (DTS), literasi digital, fasilitasi pelaku UMKM, dan pelaku startup.

"Di antaranya (program) penyediaan infrastruktur telekomunikasi seluler di daerah 3T telah meningkatkan 0,9 persen pertumbuhan ekonomi desa. Fasilitas jaringan seluler 4G di daerah non-3T telah meningkatkan 2,6 persen pertumbuhan ekonomi desa, serta secara khusus desa di Pulau Sumatra, Jawa dan Bali tumbuh sebesar 11,6 persen," katanya di Jakarta, Sabtu, 17 Februari 2024.

3 Faktor Cegah Operasi Intelijen Siber, Jangan Terbalik

Lebih lanjut, efektivitas program-program yang tengah dijalankan oleh Kemenkominfo juga telah dianalisis bersama dengan LPM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI).

Analisis itu dilakukan pada program prioritas yang dilangsungkan pada 2022 dan didapati hasil bahwa ada peningkatan yang baik di berbagai lini salah satunya terkait dengan peningkatan nilai pada siswa SMA setelah adanya penyediaan akses internet yang makin merata.

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”

“Dengan adanya penyediaan akses internet, menghasilkan peningkatan nilai rata-rata ujian nasional untuk siswa SMA IPA dan IPS. Masing-masing sebesar 9,70 persen dan 9,66 persen," kata Budi Arie. Adanya penyediaan internet itu juga mengakomodasi kebutuhan kejadian luar biasa di sektor kesehatan yang meningkat sebanyak 3,2 persen.

Program lainnya yang terbilang efektif ialah program pengembangan talenta digital yaitu Digital Talent Scholarship (DTS) yang ditemukan meningkatkan tingkat literasi digital sebesar 1,4-1,8 persen.

Di samping itu, program untuk UMKM dapat masuk ke platform digital rupanya mendapatkan hasil dapat mendorong sektor UMKM mengalami pertumbuhan sebesar 1,6 persen dengan rata-rata Indeks Pengakuan Digital untuk Usaha.

Selanjutnya program prioritas lainnya terkait dengan penciptaan ekosistem bagi startup atau perusahaan rintisan digital. “Adapun Program 1.000 Startup Digital menghasilkan dampak berupa 50 persen startup telah berada di level 9 startup leaders level,” jelas Menkominfo.

Dari semuanya itu, Menkominfo Budi Arie mengatakan agar program prioritas tersebut dapat berjalan optimal setiap tahunnya Kemenkominfo perlu menerapkan evaluasi berkala dalam pelaksanaan program seluruh satuan kerja.

Selain untuk mengukur hasilnya, evaluasi dilaksanakan untuk mengetahui dampak kinerja secara akurat di setiap unit maupun satuan kerja. Ia mengajak jajarannya untuk dapat menuntaskan program kerja yang telah berlangsung dengan baik dan tepat sasaran. "Salah satunya memastikan jangan sampai ada pembangunan atau program yang tidak selesai di tahun ini," tegas Budi Arie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya