Hati-hati Salah Mengolah, 10 Makanan Ini Bisa Jadi Paling Beracun di Dunia

Jamur liar.
Sumber :
  • theguardian.com

Jakarta – Anda pasti sudah sering diberitahu untuk tidak mengonsumsi jenis makanan tertentu karena tidak baik untuk kesehatan dan dapat membahayakan, namun Anda tetap memakannya dan mungkin baru saja mengalami penambahan berat badan, sedikit jerawat, dan masalah seperti diabetes.

Netizen Kritik Adab Nagita Slavina Kasih Bekas Makanan dari Gigitannya ke Karyawan RANS

Tapi tahukah Anda ada juga makanan tertentu yang jika tidak diolah dengan benar, bisa membuat Anda jatuh sakit atau bahkan membunuh Anda hanya dengan satu porsi? Ya, makanan seperti itu memang ada dan kita akan segera mempelajari 10 makanan tersebut.

Berikut ini kami sajikan sederet makanan paling beracun di dunia, meskipun rasanya ada sebagian yang sangat menggiurkan. Apa saja itu?

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Ilustrasi kacang almond

Photo :
  • Pixabay/PIRO4D

10 Makanan Paling Beracun di Dunia

Review Negatif Makanan, Seorang Wanita Terancam Denda Puluhan Miliar!

10. Kacang almond pahit

Kacang almond yang sebenarnya bukan kacang melainkan bijinya penuh dengan manfaat bagi kesehatan dan hal ini sudah kita semua ketahui. Namun, ada beberapa orang yang memilih almond pahit daripada memilih almond manis karena rasanya lebih kaya. Tapi tahukah Anda kacang almond pahit ini mengandung sianida? Sangat penting bagi mereka untuk diproses guna menghilangkan racunnya, jika tidak maka akan berakibat fatal.

9. Jamur liar

Banyak dari Anda pasti sangat menyukai jamur , dan jamur mungkin menjadi bagian dari makanan rutin Anda. Jika Anda memiliki kebiasaan memetik jamur sendiri dan memasaknya, Anda harus sangat berhati-hati. Jamur liar tertentu seperti Death Cap sebenarnya dapat mengorbankan nyawa Anda.

Bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan sakit perut, muntah-muntah, atau bahkan kerusakan jantung, hati, dan ginjal. Sebelum memetik apa pun dari Alam dan memakannya, Anda harus yakin dengan apa yang Anda lakukan.

8. Elderberi

Elderberry dianggap mempunyai khasiat obat yang besar dan dapat mengobati gejala flu dan pilek dan juga jika ditempelkan pada luka kulit dapat membantu penyembuhannya. Buah pohon elderberry digunakan untuk membuat alkohol, dan memberi rasa pada makanan seperti sirup, pai, dan selai.

Namun, Anda harus sangat berhati-hati. USDA menyatakan bahwa meskipun buah beri ungu dan blueberry dapat dimakan, beberapa spesies buah beri merah bersifat racun. Pakar botani dan medis mengatakan bahwa batang, daun, dan buah beri mentah dapat menyebabkan mual, muntah, dan juga diare.

Singkong.

Photo :
  • http://www.bebeja.com

7. Singkong

Singkong dikenal dengan akarnya yang disebut tapioka, yang populer digunakan untuk membuat puding tapioka . Anda perlu mengupas singkong dan merebusnya dengan benar sebelum dikonsumsi. Singkong mentah memiliki racun yang dapat diubah tubuh Anda menjadi hidrogen peroksida. Jika Anda tidak mengolah singkong dengan benar, bisa berakibat fatal.

6. Akke

Ackee adalah buah nasional Jamaika dan juga merupakan salah satu makanan paling beracun di dunia. Ini dapat memberikan pukulan yang tidak ingin Anda terima. Ackee mengandung racun yang dikenal sebagai hipoglisin yang menyebabkan muntah-muntah serius, suatu masalah yang dikenal sebagai penyakit Muntah Jamaika.

Jika Anda memakan ackee sebelum benar-benar matang, hal itu bahkan dapat menyebabkan kematian atau setidaknya membuat Anda mengalami koma. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk hanya mengonsumsi bagian buah ini yang dapat dimakan, yaitu area kuning di sekitar biji hitam.

5. Sannakji

Sannakji merupakan masakan bayi gurita mentah khas Korea yang tidak beracun, tidak akan menyebabkan kematian, namun yang pasti berbahaya. Meskipun Anda memotongnya menjadi potongan-potongan kecil sebelum dimakan, ia tetap berfungsi.

Sannakji menjadi berbahaya karena tidak jarang tentakel gurita tersebut menempel di tenggorokan, sehingga membuat orang tersedak, dan tidak bisa bernapas.Bahkan menurut laman food & wine, tercatat ada sekitar 6  orang yang meninggal setiap tahunnya akibat memakan sannakji dan tersedak.

4. Hákarl

Hákarl merupakan sejenis daging hiu yang cukup populer di Greenland. Yang tidak dimiliki hiu ini adalah saluran kemih atau ginjal. Artinya zat dan limbah beracun terdapat di tempat lain pada ikan ini dan jika Anda mengonsumsi ikan ini dapat membuat Anda mengalami penyakit bawaan makanan.

Hanya dapat dikonsumsi jika diolah dengan cara yang benar yaitu memerlukan fermentasi, dilanjutkan dengan digantung hingga enam bulan. Jika Anda tidak tahu cara menyiapkannya yang benar, sebaiknya hindari memasaknya.

3. Kerang darah

Konsistensi yang dimiliki kerang mentah bisa membuat siapa pun menggeliat, dan ada lebih dari itu. Dipanen di wilayah Samudera Pasifik, Teluk Meksiko, dan Samudera Atlantik, mereka memiliki jumlah hemoglobin ekstra. Zat inilah yang membuat darah Anda menjadi merah, dan inilah mengapa kerang darah berwarna merah tua.

Yang lebih mengejutkan lagi, kerang tersebut mengandung banyak bakteri penyebab disentri, tipus, dan hepatitis A. Kemungkinannya lebih besar lagi jika kerang tersebut berasal dari air Cina. Meski dapat mengundang penyakit hepatitis, namun masih banyak orang yang lebih memilih mengonsumsinya. Lihat juga; 10 Makanan Aneh yang Dimakan di Seluruh Dunia .

2. Kelembak

Rhubarb bisa digunakan untuk membuat puding atau pai yang lezat, tetapi jika Anda memakan bagian yang salah, itu bisa menjadi makanan terakhir Anda. Daun tanaman ini memiliki zat kimia yang disebut oksalat. Jika dikonsumsi dapat membuat Anda sulit bernapas dan juga menyebabkan kejang, gagal ginjal, bahkan dapat menyebabkan kematian. Batang ini juga mengandung bahan kimia ini, meski dalam jumlah yang tidak terlalu besar.

Ikan Fugu

Photo :
  • justhungry.com

1. Fugu

Fugu adalah makanan lezat Jepang yang harus Anda makan dengan risiko dan risiko Anda tanggung sendiri . Disebut juga ikan buntal, ini adalah salah satu hewan paling beracun di seluruh dunia. Koki perlu menjalani pelatihan selama dua tahun sebelum mereka dapat menyiapkan hidangan ini dan harus lulus ujian, yang mana sekitar sepertiga pelamar gagal.

Beberapa bagian seperti ovarium, usus, dan hati memiliki senyawa kimia yang disebut tetrodotoxin yang 1.200 kali lebih beracun dibandingkan sianida. Terkenal karena sensasi kesemutan yang ditimbulkannya pada bibir. Racun ini bahkan dapat melumpuhkan otot-otot seseorang dan mengakibatkan mati lemas meski orang tersebut dalam keadaan sadar penuh. Sesuai Surat Harian Inggris . 30-50 orang meninggal setiap tahun setelah makan fugu.

Aneh tapi nyata, tumbuhan dan hewan yang tampak normal ini memang bisa menimbulkan masalah besar. Hal-hal tersebut tidak hanya membuat Anda menderita kesehatan yang buruk tetapi bahkan dapat merenggut nyawa Anda sehingga harus dihindari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya