Indonesia Siap Mengguncang Dunia 2 Hari Lagi

Satelit Merah Putih 2.
Sumber :
  • Dok. Telkom

VIVA Tekno – Telkomsat, anak usaha Telkom Indonesia, siap meluncurkan Satelit Merah Putih 2 yang dijadwalkan pada Selasa, 20 Februari di Florida, Amerika Serikat (AS) atau Rabu, 21 Februari 2024 waktu Indonesia.

58 Persen Penduduk Indonesia jadi Pelanggan Telkomsel

Direktur Utama Telkomsat Lukman Hakim Abd. Rauf memastikan Satelit Merah Putih 2 membuat akses internet yang merata di seluruh Indonesia. Ia pun memberi gambaran tentang keunggulan teknologi di balik Satelit Merah Putih 2.

Ditenagai oleh platform mutakhir Spacebus 4000B2 dan memiliki masa pakai desain selama 15 tahun, satelit ini merupakan hasil kerja sama Thales Alenia Space dalam hal pabrikasi dan fasilitasi peluncuran yang mulus oleh SpaceX milik Elon Musk, kedua mitra yang sudah berpengalaman dalam proyek-proyek satelit Telkom sebelumnya.

Kupas Tuntas Starlink, Satelit Elon Musk yang Siap 'Menerangi' IKN

Satelit Merah Putih 2.

Photo :
  • Dok. Telkom

Lukman juga menekankan bahwa proses pemilihan mitra dan pengadaan satelit telah mematuhi prinsip kepatuhan dan tata kelola perusahaan yang baik.

Orang Ini Dipastikan Berkantor di IKN, tapi Bukan Jokowi

Dalam hal bisnis, pemilihan mitra juga mempertimbangkan biaya per Gbps yang rendah, sehingga menghasilkan satelit dengan kapasitas lebih besar dan harga jual yang bersaing.

Saat hitungan mundur peluncuran terus berlanjut, antisipasi berkobar di kalangan korporat dan operator VSAT, menandai potensi bisnis yang sangat besar yang ditawarkan oleh Satelit Merah Putih 2.

"Kami melihatnya (peluncuran Satelit Merah Putih 2) sebagai peluang emas untuk memperkuat portofolio bisnis satelit dan mendorong Indonesia lebih jauh ke dalam era digital," jelas Lukman, Senin, 19 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya