Intip Persiapan Telkomsel 'Mengukur Jalan' Jelang Lebaran

Trafik layanan broadband Telkomsel.
Sumber :
  • Dok. Telkomsel

VIVA Tekno – Telkomsel melakukan sejumlah persiapan jaringan demi kelancaran komunikasi masyarakat saat musim mudik Lebaran.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Wakil Direktur Operasi Jaringan Global Telkomsel Galumbang Pasaribu mengatakan sudah melakukan optimalisasi supaya pemudik aman dalam berkomunikasi.

Optimalisasi jaringan sudah dilakukan pada lebih dari 244 ribu menara base transceiver station (BTS) milik Telkomsel yang tersebar di seluruh Indonesia.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Anak usaha Telkom ini juga memberikan perhatian khusus pada 444 titik yang diperkirakan akan menjadi pusat keramaian. Mulai dari jalan raya utama, jalan provinsi, jalan tol, jalur kereta api, terminal, pelabuhan dan bandar udara.

"Jadi, ketika mereka (masyarakat) berada di sana, mereka terlayani dengan baik," ungkapnya, melalui konferensi pers virtual, Kamis, 28 Maret 2024.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Telkomsel.

Photo :
  • Telkomsel

Telkomsel juga menyiagakan 36 unit BTS bergerak alias Combat di sejumlah titik yang diperkirakan akan mengalami trafik internet yang cukup tinggi.

Galumbang memperkirakan pada periode Ramadan dan Idul Fitri 2024, lalu lintas data akan naik 15,22 persen dibandingkan hari biasa.

Penggunaan internet terbesar pada periode Ramadan dan Idul Fitri tahun ini diperkirakan berasal dari game online (40,84 persen), komunikasi melalui aplikasi pesan instan (25,49 persen) dan streaming video (22,61 persen).

Penggunaan media sosial pada musim Lebaran diprediksi berjumlah 11,14 persen dan belanja di platform daring sebesar 9,17 persen.

Selain internet, Galumbang memprediksi trafik SMS pada periode Ramadan dan Idul Fitri 2024 naik 2,47 persen. Sementara panggilan telepon konvensional, turun 8,74 persen dibandingkan hari biasa.

Menurutnya, penurunan panggilan telepon konvensional adalah tren secara global, tidak hanya di Indonesia.

Selain melakukan optimalisasi jaringan untuk mengantisipasi jaringan telekomunikasi selama periode mudik Lebaran, secara umum Telkomsel juga menambah kapasitas jaringan 4G pada 70 BTS dan membangun 325 BTS 4G.

Jaringan 4G di kapal

Bukan itu saja. Telkomsel juga menyediakan jaringan 4G di 14 kapal mudik yang dioperasikan oleh Pelayaran Nasional Indonesia (PelnI).

Layanan 4G dari Telkomsel menjangkau 1.100 rute yang dilayani 14 kapal tersebut dan 83 pelabuhan di Indonesia.

Untuk menghadirkan sinyal 4G di kapal, Telkomsel bekerja sama dengan anak perusahaan Telkom, yaitu Telkomsat, melalui internet satelit. Telkomsat memegang Hak Labuh Non Geostationer (NGSO) Starlink.

Penyediaan layanan internet 4G di kapal mudik merupakan penggunaan pertama Telkomsel dengan internet satelit Starlink.

"Selama ini orang yang mudik dengan berlayar tidak terjangkau internet. Dengan ini, kami bisa memberikan layanan terbaik untuk pelanggan," kata Wakil Direktur Komunikasi Korporat dan Tanggung Jawab Sosial Telkomsel Saki Hamsat Bramono.

Ia memperkirakan kenaikan trafik internet pada periode Ramadan dan Idul Fitri 2024 sebesar 15,22 persen jika dibandingkan dengan hari biasa.

Dari total kenaikan trafik internet, maka diprediksi kenaikan tertinggi berasal dari area Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, daerah tujuan mudik, sebesar 26,25 persen.

Kenaikan tertinggi kedua diperkirakan berasal dari Sumatra, yaitu 16,99 persen. Peningkatan trafik internet juga diperkirakan terjadi di area Papua, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan sebesar 13,11 persen.

Sementara kenaikan trafik internet di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Jawa Barat diperkirakan mencapai 4,28 persen.

Arus Mudik Lebaran 2023 di Pelabuhan Gilimanuk, Bali

Photo :
  • VIVA/ Maha Liarosh
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya