British Museum Tuntut Kurator karena Curi dan Jual Ilegal 1.800 Artefak Sejarah

Artefak di British Museum.
Sumber :
  • GetYourGuide

Inggris – British Museum di London baru saja mengajukan gugatan ke pengadilan terhadap seorang mantan kurator yang dituduh mencuri ratusan artefak kuno dari koleksi museum dan menawarkannya untuk dijual secara online.

Museum MACAN Open House sampai 21 April, Bisa Jadi Ide Hangout!

Museum tersebut menggugat Peter Higgs, yang dipecat pada Juli 2023 setelah lebih dari 1.800 item dinyatakan telah hilang. Pengacara museum mengatakan Higgs "menyalahgunakan kepercayaan mereka" untuk mencuri permata kuno, perhiasan emas, dan barang lainnya dari gudang selama satu dekade, melansir OutLook, Rabu, 27 Maret 2024.

Hakim Pengadilan Tinggi Heather Williams memerintahkan Higgs untuk mendaftarkan atau mengembalikan barang apa pun yang telah dicurinya dalam waktu empat minggu. Dia juga diperintahkan untuk Higgs membuka catatan eBay dan PayPal miliknya.

Imam Masjid di Inggris Dilaporkan ke Polisi Gegara Izinkan Siswa Salat

British Museum

Photo :
  • Britannica

Pihak museum mengatakan sejauh ini mereka telah menemukan 356 barang yang hilang, dan berharap bisa mendapatkan lebih banyak lagi. “Barang-barang yang dicuri dari museum memiliki makna budaya dan sejarah,” kata pengacara museum Daniel Burgess dalam argumen hukum tertulis.

Armand Maulana Kecewa, Tiket Konser Hans Zimmer di London Ternyata Scam

Burgess mengatakan terdakwa berusaha "menutupi jejaknya" dengan menggunakan nama palsu, membuat dokumen palsu, memanipulasi catatan museum dan menjual artefak dengan harga lebih rendah dari nilainya.

Higgs, yang bekerja di departemen museum Yunani dan Roma selama lebih dari dua dekade, membantah tuduhan tersebut dan bermaksud untuk membantah klaim hukum museum tersebut. Dia tidak menghadiri sidang hari Selasa karena kesehatannya yang buruk, kata sang pengacara.

Investigasi polisi terpisah atas kasus ini sedang berlangsung, dan Higgs belum didakwa melakukan kejahatan.

Direktur museum Hartwig Fischer mengundurkan diri setelah hilangnya barang-barang tersebut terungkap pada bulan Agustus, meminta maaf karena gagal menanggapi peringatan seorang sejarawan seni bahwa artefak dari koleksinya dijual di eBay.

Artefak di British Museum

Photo :
  • GetYourGuide

Ketua pengawas George Osborne mengakui bahwa reputasi lembaga berusia 265 tahun itu telah dirusak oleh peristiwa tersebut.

Museum abad ke-18 di distrik Bloomsbury di pusat kota London adalah salah satu tempat wisata terbesar di Inggris, dikunjungi oleh enam juta orang setiap tahunnya. Mereka datang untuk melihat koleksi mulai dari mumi Mesir dan patung Yunani kuno hingga timbunan Viking, gulungan yang memuat puisi Tiongkok abad ke-12 dan topeng yang dibuat oleh masyarakat adat Kanada.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya