Update Antidrone untuk Menangkal Spionase

Ilustrasi mata-mata/spionase.
Sumber :
  • Pinterest

VIVA Tekno – Di tengah pasar drone sipil yang terus berkembang, Kaspersky telah memberikan pembaruan besar pada solusi antidrone-nya.

Pejabat Israel dan Mesir Bertemu Diam-diam, Bahas Operasi Militer di Rafah

Versi terbaru menghadirkan peningkatan skalabilitas sistem, antarmuka yang beroperasi 12 kali lebih cepat, dan visualisasi insiden yang dioptimalkan.

Kaspersky Antidrone Solution adalah sistem komprehensif yang mendeteksi, mengidentifikasi, dan menetralisir drone sipil yang menimbulkan ancaman keamanan atau fisik di berbagai lingkungan, termasuk infrastruktur penting, acara publik, dan fasilitas komersial.

Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI

Pada 2027, pasar drone sipil global diperkirakan akan tumbuh menjadi US$21,62 miliar, hampir dua kali lipat dari 2023.

Oleh karena itu, terdapat peningkatan kebutuhan untuk melindungi fasilitas komersial, infrastruktur penting, dan acara publik dari drone yang melakukan perekaman video tanpa izin atau bahkan spionase industri.

Industri Laboratorium Makin Kinclong, Lab Indonesia 2024 Soroti Hal Ini

Untuk perlindungan terhadap drone sipil yang semakin canggih, pelanggan beralih ke solusi antidrone. Untuk memenuhi kebutuhan yang terus meningkat ini, Kaspersky meningkatkan solusi Antidrone dengan teknologi tercanggih, termasuk algoritma AI dan jaringan saraf.

Sejumlah besar kesalahan positif (false positive) paling umum ada pada sistem antidrone. Antarmuka Kaspersky Antidrone terbaru menggunakan algoritma pintar yang hanya menampilkan peristiwa-peristiwa yang dianggap ‘telah dikonfirmasi’ oleh sistem pada peta.

Hal ini memungkinkan sistem melakukan beberapa pekerjaan analisis, sehingga mengurangi beban kerja operator.

Algoritma unik Kaspersky Antidrone membandingkan informasi dari berbagai perangkat – radar, pencari arah frekuensi radio, detektor frekuensi radio, kamera pencitraan optik dan termal.

Suatu peristiwa (objek di udara) terdeteksi oleh setidaknya dua jenis teknologi (misalnya detektor dan radar) dianggap 'dikonfirmasi'.

Dalam sistem yang diperbarui, skalabilitas Kaspersky Antidrone telah meningkat secara signifikan dan multilateral.

Melalui kemampuan integrasi tingkat lanjut, solusi ini dapat berfungsi sebagai ekosistem regional secara keseluruhan.

Kini, lebih mudah untuk mengintegrasikan Antidrone dengan solusi pihak ketiga melalui API, memungkinkan cakupan area geografis diperluas, sekaligus mengelola sistem penuh dari satu konsol.

Karena mesin grafis baru, antarmuka kini 12 kali lebih cepat, menurut hasil pengujian internal solusi tersebut.

Kaspersky Antidrone memiliki peta yang dikembangkan sendiri, di mana desain ulang yang signifikan dan kerangka kerja baru dilakukan, sehingga menghasilkan kecepatan kerja lebih tinggi.

Semua elemen grafis mudah ditampilkan secara real-time. Selain itu, pengguna kini dapat dengan mudah beralih antara analisis video dan mode peta untuk memeriksa semua detail lebih dekat.

Arsip Kaspersky Antidrone menyimpan informasi tentang semua kejadian, termasuk hasil positif palsu (misalnya, deteksi burung). Laporan dibuat secara otomatis dan hanya untuk peristiwa yang dipilih oleh pengguna.

Ini menyoroti karakteristik utama seperti titik lepas landas, lokasi pilot, waktu mulai dan berakhirnya penerbangan, serta frame pertama dan terakhir yang terdeteksi dalam video. Pada versi baru, arsip lebih detail dan mudah dipahami.

"Kami fokus pada pengembangan dan peningkatan keseluruhan paket solusi. Kami juga sudah menyederhanakan navigasi antarmuka dan menghilangkan informasi yang berlebihan, hingga kemampuan integrasi yang telah ditingkatkan," kata Alexander Gorbunov, Manajer Pengembangan Bisnis Internasional Kaspersky Antidrone.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya