Survei Indikator : Peran Polantas dan Informasi Publik Beri Kepuasan Mudik

Ilustrasi mudik
Sumber :
  • Bridgestone Indonesia

VIVA – Survei Indikator Indonesia merilis tingkat kepuasan masyarakat atas pelaksanaan mudik Lebaran 2024. Hasilnya menunjukkan 90,4% pemudik menyatakan puas, sementara untuk masyarakat secara umum tingkat kepuasannya mencapai 73,9%.

5 Fakta Tragis Polwan Bakar Suami di Aspol Mojokerto

Peneliti Indikator, Bawono Kumoro menyampaikan, kepuasan itu juga mencakup kinerja Polisi lalu lintas (Polantas). Menurutnya, publik menilai positif kinerja Polantas selama penyelenggaraan Mudik 2024.

"Petugas lapangan yang cukup membantu dalam hal memberikan informasi rekayasa lalu lintas ini selaras evaluasi kinerja Polantas yang positif selama arus mudik kemarin," jelasnya.

Ikut Kemala Run 2024, Anggota Polrestro Tangerang Raih Rp6 Juta

Dibeberkan Bawono, di kalangan pemudik menyatakan bahwa 86,5% merasakan polantas sangat membantu kelancaran perjalanan menuju kampung halaman. Sedangkan berdasarkan masyarakat keseluruhan, 74% menyatakan polantas sangat membantu.

"Evaluasi terhadap kinerja polantas saat mudik lebaran secara signifikan berkorelasi positif dengan tingkat kepuasan mudik. Semakin positif evaluasi terhadap kinerja polantas (polantas membantu saat mudik), semakin tinggi kepuasan," ujar Bawono.

Kapolri Buka Kemala Run 2024 yang Diikuti 10.000 Pelari

Tidak hanya itu, kepuasan terhadap penyelenggaraan mudik juga dipengaruhi informasi publik. Sebab, informasi tersebut memberikan kemudahan bagi pemudik dalam penerapan rekayasa lalu lintas.

Peneliti Senior Indikator Politik Indonesia, Hendro Prasetyo, menjelaskan bahwa jika dilihat dari masyarakat keseluruhan, 59,9% menyatakan informasi mudik sangat mudah didapatkan. Sementara, kalau dilihat dari sampel pemudik terdapat 79,7% yang menyatakan kemudahan mendapatkan informasi.

“Kepuasan atas penyelenggaraan mudik juga secara signifikan berhubungan positif dengan sikap terhadap rekayasa lalu lintas serta kemudahan memperoleh informasi rekayasa lalu lintas tersebut,” ungkap Hendro.

Menurut Hendro, survei juga menunjukkan  bahwa informasi paling banyak didapat masyarakat dari berita TV, kemudian medsos, media sosial, dan petugas di lapangan.

“Mayoritas merasa mudah dalam memperoleh informasi tentang kebijakan rekayasa lalu lintas. Paling banyak memperoleh informasi tersebut melalui TV dan Media Sosial,” ujarnya.

Pencapaian kepuasan masyarakat yang meningkat, berkat kesiapan Polri, TNI, kementerian, dan lembaga yang disertai perencanaan yang matang dalam Operasi Ketupat 2024.

Selain itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Menkopolhukam, Menko PMK dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terus melakukan pengecekan ke terminal, stasiun kereta, pelabuhan dan juga bandara serta memantau langsung melalui helikopter.

Sinergitas yang solid antara Polri-TNI dan kementrian lembaga menjadi kunci suksesnya dalam Operasi Ketupat 2024 dalam mewujudkan Mudik Ceria dan Penuh Makna. Kesuksesan mudik lebaran tak lepas dari semua pihak yang telah bekerja keras di lapangan selama arus mudik dan arus balik Lebaran.

"Kami berterima kasih kepada seluruh petugas di lapangan dan rekan-rekan media yang telah bekerja keras. Saya juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung dalam mewujudkan arus balik dapat berjalan aman, nyaman dan lancar," kata Kapolri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya