Sinyal Baik Industri Internet di Indonesia menuju Arah yang Benar

Ketua Umum APJII Muhammad Arif Angga.
Sumber :
  • VIVA/Amal Nur Ngazis

VIVA Tekno – Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyampaikan akan terus berkomitmen memajukan industri internet dalam rangka meningkatkan kualitas layanan dan konektivitas di seluruh wilayah Indonesia.

Manfaat Starlink di Indonesia, Menurut Analis

“Saat ini anggota APJII sudah mencapai angka lebih dari 1.000 anggota di seluruh Indonesia. Di usia kami yang ke-28 ini, kami semua mempunyai semangat yang sama, yaitu untuk terus berkolaborasi memajukan industri Internet di Indonesia,” kata Ketua Umum APJII Muhammad Arif di Jakarta, Rabu, 15 Mei 2024.

Ia menuturkan jumlah anggota APJII hingga sekarang meningkat pesat. Hal ini dapat dijadikan sebagai penanda bahwa ribuan internet service provider (ISP) siap menghadirkan koneksi internet berkualitas bagi lebih banyak masyarakat di Indonesia.

Elon Musk Should Open Starlink Operations Center in Indonesia

Kondisi tersebut juga menjadi sinyal baik bahwa industri internet di Indonesia menuju ke arah yang benar, sejalan dengan program transformasi digital yang dicanangkan oleh pemerintah.

Arif melanjutkan berdasarkan hasil Survei Penetrasi Internet Indonesia 2024 yang telah dirilis APJII, tingkat penetrasi Internet Indonesia telah mencapai 79,5 persen dari total penduduk. Angka tersebut setara dengan 221.563.479 jiwa dari total populasi Indonesia yang berada di angka 278.696.200 jiwa pada 2023.

Starlink Harus Buka Kantor di Indonesia

“Melihat tingkat penetrasi Internet Indonesia tahun ini, selain bertambahnya jumlah ISP dan peningkatan infrastruktur, perluasan jaringan menjadi salah satu aspek terpenting dalam kemajuan industri Internet di dalam negeri,” ujar Arif.

Hal lain yang ia soroti adalah perluasan jaringan menjadi salah satu kunci utama bagi bertambahnya jangkauan koneksi Internet untuk masyarakat. APJII meyakini bahwa semakin banyak masyarakat yang terjangkau oleh koneksi Internet, maka semakin baik juga percepatan ekonomi digital di Tanah Air.

Layanan Telkomsel eSIM.

Ini Dia 'Otak' Transformasi Digital Telkomsel

Menurut Direktur Utama Telkomsel Nugroho, segmen bisnis digital menjadi 'otak' atau penggerak utama transformasi perusahaan.

img_title
VIVA.co.id
27 Mei 2024