Mark Zuckerberg Tertarik Buku Sejarah Islam

CEO dan Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Zuckerberg: Kuartal Ini Bagus Berkat Video
- Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, telah membuat
fan page
Segera, Bisa Blokir Iklan Pengganggu di Facebook
khusus untuk para penggemar buku. Kali ini sebuah buku berisi sejarah Islam.
VIDEO: Area 404, Laboratorium Terlarang untuk Bos Facebook

Fan page komunitas buku Mark Zuckerberg telah berjalan selama beberapa bulan. Setiap dua minggu, Zuckerberg akan memberikan rekomendasi mengenai salah satu buku yang menarik di baca. Dari situ, komunitas yang bergabung terbuka untuk melakukan diskusi.


Dilansir melalui
Business Insider
, Senin 8 Juni 2015, klub Buku Zuckerberg yang bernama A Year of Book, selalu fokus pada buku-buku yang berpengaruh terhadap budaya dan bisnis. Kebanyakan adalah buku-buku kontemporer.


Kali ini, di minggu yang ke-11, Zuckerberg memposting buku yang berbeda. Sebuah buku sejarah Islam bertajuk The Muqaddimah yang ditulis pada 1377 oleh sejarawan Islam, Ibnu Khaldun.


Muqaddimah, atau yang berarti Pembukaan, merupakan upaya awal untuk menghilangkan bias catatan sejarah dan menemukan elemen yang universal dalam perkembangan umat manusia. Pendekatan sains revolusioner Ibnu Khaldun terhadap sejarah telah membuat ia dinobatkan sebagai salah satu pemikir dasar sosiologi modern dan historiografi.


Bahkan seorang sejarawan Inggris abad ke-20, Arnold J Toynbee, menggambarkan Muqaddimah sebagai filsafat sejarah yang tidak diragukan sebagai karya terbesar, yang belum pernah diciptakan oleh pemikiran apapun, di mana saja dan kapan saja.


"Ini merupakan sejarah dunia yang ditulis oleh seorang intelektual yang hidup di era 1300. Buku ini fokus pada bagaimana budaya dan masyarakat terbentuk, termasuk penciptaan kota, politik, perdagangan dan sains. Ini masih sangat menarik untuk dipahami saat ini," ujar Zuckerberg.


Beberapa buku lain yang pernah masuk dalam A Year of Book Zuckerberg adalah The Structure of Scientific Revolutions yang ditulis Thomas S. Kuhn, atau On Immunity: An Inoculation oleh Eula Biss.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya