Kronologi Situs Revolusi Mental Diserang Hacker

Laman revolusimental.go.id alami gangguan
Sumber :
  • Screenshot revolusimental.go.id

VIVA.co.id - Situs revolusimental.go.id mengalami problem akses pada hari ini, Rabu 26 Agustus 2015. Ternyata, penyebabnya adalah serangan peretas.

Hal itu disampaikan oleh pengelola situs revolusi mental, Achmad Gunawan. Serangan yang melanda situs ini sudah terjadi sejak Rabu dinihari, 26 Agustus 2015.

"Terkait akses tadi malam jam 1 malam dimatikan karena ada serangan. Tadi pagi aktif kembali, tapi atas dasar evaluasi, dimatikan kembali untuk proses pindah server. Paling cepat 1x24 jam jam (situs) aktif kembali," tulis Gunawan dalam keterangannya kepada VIVA.co.id.

Terkait dengan rencana pindah server, Gunawan mengatakan hal itu memang sudah direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya. Jadi bukan lantaran ada serangan yang melumpuhkan situs yang baru diluncurkan Senin, 24 Agustus 2015.

"Sebenarnya bukan baru diputuskan, tapi sudah direncanakan untuk pindah server yang lebih baik," tuturnya.

Menyusul serangan tersebut, pengelola situs sudah mengambil langkah perbaikan dan antisipasi. Kata Gunawan, saat ini perbaikan sedang dan terus dilakukan.

"Perbaikan web sedang ditindaklanjuti dan dalam proses," ujar Gunawan yang menjabat sebagai Kasubid Kedeputian Bidang koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK.

Sebagaimana diketahui, situs yang dua hari diresmikan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, itu tak bisa diakses.

Pada halaman utama laman, tampilan menunjukkan situs terganggu karena server mengalami overload.

Puan mengatakan peluncuran laman ini ditujukan agar rakyat Indonesia bisa mengetahui informasi terkini tentang pemerintah dan berkontribusi langsung dalam gerakan revolusi mental. Kementerian tersebut bertugas mengkoordinasi gerakan nasional tersebut. (ase)

Komjen Budi Gunawan Bicara Revolusi Mental
Kampanye jamban, jalan dari Semarang ke Jakarta

Pemilik Kafe Jamban Jalan Kaki dari Semarang ke Jakarta

Diperkirakan, 17 Agustus mendatang akan tiba di depan Istana Merdeka.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2016