Kunci Layar Android Lollipop Bisa Dibuka dengan Cara Ini

kantor pusat Google
Sumber :
  • www.phonearena.com

VIVA.co.id - Ahli keamanan perangkat mobile menemukan adanya bug yang bisa membuka password kunci layar dengan mudah. Diungkapkan, kunci layar bisa dibuka dengan menggunakan password panjang.

Semua ini bisa dilakukan karena adanya bug yang ditemukan hanya di Android Lollipop. Peneliti dari Texas University di Austin, yang menemukan bug itu, mengklaim ada 21 persen perangkat yang terinfeksi oleh bug tersebut.

"Bug itu tersimpan dalam banyak perangkat bersistem operasi Lollipop. Pengguna yang memanfaatkan password untuk mengunci layar akan sangat mudah diserang, hanya dengan menuliskan password panjang untuk membuat layar terbuka," ujar John Gordon, seperti dikutip dari The Guardian, Jumat, 18 September 2015.

Untungnya, hanya mereka pengguna password yang rentan dibobol layarnya. Tidak demikian dengan pengguna kunci layar dengan pola atau pun pin.

"Penyusup bug hanya butuh menuliskan teks yang panjang dalam kolom password. Dengan demikian layar akan mengalami crash dan kunci layar terbuka, memunculkan tampilan layar depan dan bisa memberikan akses penuh ke dalam perangkat, baik yang dienkripsi atau pun tidak," ujar Gordon.

Pemuatan password dalam jumlah banyak ini terbukti sulit dan sangat memakan waktu banyak.

Data Google menunjukkan jika perangkat dengan sistem Android Lollipop telah mencapai 20 persen secara global, atau berjumlah sekitar miliaran. Perangkat itu termasuk buatan vendor Samsung, LG, dan Sony.

Untungnya, untuk bisa membobol kunci layar itu, penyusup harus berada dekat dengan smartphone dan tidak bisa dilakukan dari jarak jauh. Justru karena hal itu, diprediksi, ada orang yang tidak bertanggung jawab yang bisa mengganti metode kunci layar dengan cara lain sehingga pengguna tidak bisa membuka perangkatnya sendiri.

Untuk menghapus bug ini harus dilakukan pembaharuan software pada perangkat. Namun pengguna harus bergantung pada manufaktur smartphone dan operator yang digunakan untuk mendapatkan pembaharuan itu.

Sekarang, sejak munculnya bug StageFright, Google bekerja sama dengan Samsung, LG, dan vendor android lainnya selalu menghadirkan pembaharuan software setiap bulan.

Nyaris Semiliar Ponsel Android Terancam Malware Baru
Ilustrasi ransomware/malware.

Google: Pengguna Android Aman dari Quadrooter

Quadrooter dinilai tak akan jadi masalah.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016