Ini Aplikasi Lokal Pemblokir SMS Spam

Aplikasi Clear Messaging
Sumber :
  • Google Play Store

VIVA.co.id - Bagi pengguna ponsel, khususnya yang berbasis Android tidak jarang menerima SMS dari pengirim yang tidak jelas. Isi pesan pendek spam itu pun beragam mulai dari "mama minta pulsa", penawaran asuransi, pinjaman, penawaran diskon, SMS hadiah yang bermodus penipuan. Tentunya, pengalaman ini sangat membuat pengguna tak nyaman.

Nyaris Semiliar Ponsel Android Terancam Malware Baru

Untuk memberikan solusi itu, PT Makmur Sukses Untung (MSUN) pun merilis aplikasi yang bisa memblokir semua jenis SMS tersebut. Prosesnya, semua otomatis, tidak perlu setting apa-apa, hanya meng-install-nya setelah itu diklaim bebas dari SMS spam.

Menurut R. Ari Sudradjat, Chief Executive Officer (CEO) MSUN, saat ini sudah ada beberapa pemblokir SMS yang tersedia di pasaran, bahkan Android pun resmi juga punya antispam.

Tapi, pengirim spam juga pakai cara cerdik, kata Ari, mereka selalu menggunakan nomor ponsel baru untuk kirim spam. Jadi, menurut dia, saat pengguna menandai nomor spam, spam berikutnya tidak akan terblokir.

Layanan Resmi Google Kupas Tuntas Seluk-beluk Android

Ari menambahkan, aplikasi besutan perusahaannya tidak hanya digunakan di Indonesia, tapi juga bisa dipakai di seluruh dunia. Jadi investasinya cukup besar. Untuk algoritma antispam dan teknologinya sedang dalam pengurusan paten.

"Investasi awal sekitar US$50 ribu untuk membuat aplikasi ini," kata Ari dalam keterangan tertulis, Selasa 17 November 2015.

Aplikasi Clean Messaging ini, sudah tersedia di pusat aplikasi Playstore sejak pertengahan November.

Aplikasi ini terbagi dalam dua versi. Pertama versi berbayarnya dikenai harga Rp249 ribu, sedangkan versi gratis ini, hadir dengan fitur-fitur utamanya, seperti antispam. Bedanya fitur pada versi berbayar, misalnya proximity sensor, Quick Popup dan lainnya belum bisa diakses versi gratis.

Google Punya Cara Selamatkan Nyawa Pakai Ponsel Android

Aplikasi ini punya kelebihan memblokir semua jenis SMS spam secara otomatis. Saat SMS spam datang ke ponsel, tidak akan ada lagi suara atau notifikasi yang mengganggu. Selain itu, MSUN menjanjikan kotak masuk SMS akan bersih dan rapi tanpa ada spam lagi, sebab SMS spam akan masuk ke folder khusus spam.

Aplikasi ini menggunakan teknologi mutakhir yaitu Crowd Source Anti Spam
Technology. Teknologi ini memastikan ponsel bebas dari spam dan semuanya berjalan secara otomatis.

Dengan demikian pemilik ponsel tidak perlu menandai nomor mana saja yang perlu diblokir dan tidak perlu mengatur SMS dengan pesan jenis apa yang ingin diblokir. Aplikasi ini bisa memblokir pengirim semua jenis SMS
spam, baik dari nomor handphone tidak dikenal, alpha numeric sender atau bahkan provider.

Ari menambahkan dengan algoritma yg sangat canggih, bisa membedakan SMS spam oleh satu pengirim. Ke depannya, teknologi ini diklaim bisa memberikan peringatan adanya SMS spam kepada provider, sehingga bisa ditindaklanjuti dengan tegas.

"Kami menargetkan 100 ribu pengguna perbulan yang mendowload aplikasi ini," kata Ari.

Ilustrasi ransomware/malware.

Google: Pengguna Android Aman dari Quadrooter

Quadrooter dinilai tak akan jadi masalah.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016