314 Juta Nama Domain di Internet

Blog Domain
Sumber :

VIVA.co.id – VeriSign, pemimpin global dalam bidang nama domain dan keamanan internet, mengumumkan bahwa jumlah nama domain di dunia maya telah bertambah 15 juta selama kuartal keempat 2015.

Domain .id jadi Juara Se-Asia Tenggara

Dengan demikian, total nama domain yang terdaftar mencapai 314 juta dari seluruh domain atas atau top-level domains (TLDs) per tanggal 31 Desember 2015. Itu berdasarkan data dari Ikhtisar Industri Nama Domain atau Domain Name Industry Brief (DNIB).

Melalui keterangan tertulisnya, Jumat, 29 April 2016, peningkatan sekitar 15 juta nama domain secara global tersebut menjadi penanda adanya pertumbuhan lima persen pada kuartal sebelumnya. Jumlah registrasi domain secara global telah tumbuh sebanyak sembilan persen dari tahun ke tahun.

Berkat Jurus Baru, Pengguna Domain my.id Meningkat Signifikan

Disebutkan, domain tingkat atas atau TLD yang beralamatkan .com dan .net mengalami pertumbuhan secara agregat paa kuartal keempa tahun 2015. Jumlah keduanya mencapai sekitar 139,8 juta domain. Jumlah domain .com dan .net menandakan pertumbuhan sebesar 6,3 persen dari tahun ke tahun.

"Hingga 30 Desember 2015, jumlah nama domain berbasis .com telah mencapai 124 juta nama, sedangkan jumlah .net mencapai 15,8 juta nama," ujar VeriSign.

Domain Terlaris Setelah .com, Nih Bocorannya

Pada kuartal keempat itu, VeriSign memproses sebanyak 12,2 juta pendaftaran nama domain baru untuk penggunaan lama beralamatkan .com dan .net. Angka pendaftaran dua domain itu meningkat 8,2 persen, bila dibandingkan yang terdaftar pada periode sama pada tahun 2014.

Selama kuartal keempat 2015, rata-rata permintaan harian Sistem Nama Domain atau Domain Name System (DNS) VeriSign mencapai sekitar Rp123 miliar permintaan di seluruh TLD yang dioperasikan oleh VeriSign, dengan angka tertinggi mencapai Rp194 miliar.

"Dibanding dengan kuartal sebelumnya, rata-rata permintaan harian meningkat 2,8 persen dengan peningkatan paling tinggi sebanyak 67,3 persen. Setiap tahunnya, jumlah permintaan harian bertambah sebesar 11,9 persen dengan angka peningkatan tertinggi sebesar 32,6 persen," jelas Verisign.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya