Polda Metro Amankan 10 Ribu Ponsel Xiaomi dan iPhone BM

smartphone.
smartphone.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Aparat dari satuan Brimob Polda Metro Jaya, mengamankan dua buah mobil box, yaitu Mitsubishi dengan nomor polisi B 9798 IL dan mobil box Isuzu dengan nomor polisi B 9064 BZ. Kedua mobil tersebut, diketahui berisi 10 ribu unit ponsel pintar berbagai merek.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Awi Setiyono membenarkan adanya penangkapan dan penyitaan barang tersebut.

"Ya, telah diamankan dan disita polisi dari dua mobil boks yang sedang melintas di Jalan Letjen S. Parman Jakarta Barat, tepatnya di pintu keluar Tol Slipi Jaya, Selasa 7 Juni 2016, pukul 12.00 WIB," kata Awi saat dikonfirmasi.

Selain itu, polisi juga mengamankan masing-masing sopir dan kenek mobil barang tersebut, yaitu Nuryasin (43), Ali Priyanto (37), dan Parmuji (34) ke Mapolda Metro Jaya.

Awi menjelaskan, ketiganya diduga membawa produk pasar gelap (black market) dari Bandara Halim Perdana Kusuma menuju pusat penjualan ponsel di Roxy, Jakarta Barat. Pengungkapan kasus dugaan penyelundupan ini berawal dari penyelidikan Seksi Intelmob Satuan Brimob Polda Metro Jaya yang mengendus praktik penggelapan pajak.

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Fadil Imran mengatakan, pihaknya saat ini masih menyelidiki perihal dokumen barang tersebut. "Sedang kami teliti dokumen (barang)-nya," kata Fadil.

Diduga barang-barang tersebut, terindikasi kasus penggelapan pajak yang berpotensi merugikan negara sebanyak Rp15 miliar dan sudah dilakukan setiap hari selama enam bulan terakhir dari Bandara Halim Perdana Kusuma, yang merupakan bandara militer dan domestik, yang mana aturan dari Bea Cukai tidak diperbolehkan masuknya barang impor dari bandara tersebut.