Smart Home Kurang Lengkap Tanpa Alat Ini

Ilustrasi smart home
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Smart home atau yang biasanya disebut dengan rumah pintar, dapat diartikan sebagai penerapan dan pengaplikasian teknologi canggih pada hunian.

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Langkah itu dilakukan, untuk memudahkan penghuni dalam melakukan aktivitas sehari-hari saat mereka berada di dalam rumah. Misalnya, lampu luar yang mati secara otomatis saat pagi hari dan tirai kamar membuka sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Beberapa perangkat canggih itu dapat terhubung melalui jaringan internet, sehingga bisa dipantau dan dikendalikan dari jarak jauh. Contohnya kamera CCTV yang berguna untuk mengawasi kondisi rumah.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Peranti lain yang tidak kalah canggih dan juga berfungsi membuat penghuni merasa aman, yakni kunci pintar atau smartlock. Benda ini menggantikan kunci yang biasa digunakan untuk akses pintu, dan memanfaatkan teknologi terkini.

Ilustrasi Smartlock.

Photo :
  • Millenix
Volume Transaksi BRImo Capai Rp 1.251 Triliun di Kuartal I-2024

Ada beberapa keunggulan dari perangkat yang jadi pelengkap dari sistem smart home tersebut, salah satunya yakni tidak memerlukan anak kunci sehingga penghuni tidak perlu khawatir hilang atau tertinggal.

Pada perangkat smartlock tertentu, misalnya Millenix MX-122, dikutip dari keterangan resmi Selasa 2 November 2021, akses untuk membuka pintu bisa memanfaatkan banyak cara, mulai dari pemindai sidik jari hingga kata kunci dan kartu.

Bahkan, tersedia juga kunci konvensional yang dapat digunakan saat aliran listrik terputus. Uniknya, perangkat ini bisa diakses pula memakai aplikasi yang tersedia di Playstore maupun App Store.

Fitur lainnya yang juga penting adalah bisa diakses oleh mereka yang sudah didaftarkan di database sistem. Jadi, bisa dipantau siapa saja yang keluar masuk melalui pintu tersebut.

Smartlock Millenix MX-122 dibekali dengan sistem kunci otomatis dan alarm, yang dapat diprogram agar aktif setelah pintu tertutup. Alhasil, penghuni tidak perlu repot memikirkan apakah sudah mengunci pintu atau belum.

Materialnya terbuat dari aluminium alloy yang antikorosi dan warna tidak akan pudar untuk jangka panjang. Jadi, aman kalau tangan lagi basah atau berkeringat. Perangkat ini juga sudah memiliki bel, yang bisa dipakai oleh tamu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya