6 Fitur iPhone yang Ditiru Pengembang Ponsel Android

Samsung Galaxy S21 (kanan) dan iPhone 12 (kiri).
Sumber :
  • Metro.co.uk

VIVA Tekno – Tiru-meniru antara fitur iPhone dan Android telah berlangsung lama. Beberapa waktu lalu Apple baru saja merilis iPhone 14 series beserta iOS 16. Di antara banyaknya fitur futuristik ada juga alat yang sebelumnya telah lebih dulu hadir di Android. 

Apple Plans to Launch Foldable Devices in 2025 and 2026

Tidak hanya Apple, Dynamic Island yang merupakan fitur terbaru untuk iPhone 14 Pro dan Pro Max juga akan diadosi pengembang ponsel Android dan sudah ada pengembang yang membangun aplikasinya. 

Jadi, VIVA Tekno mengolah dari berbagai sumber pada Sabtu, 24 September 2022, tentang fitur-fitur apa saja yang lebih dulu ada di iPhone kemudian diadopsi Android.

Apple Mau Keluarkan 2 Perangkat Lipat, Hanya Dijual untuk Orang Super Kaya

Ilustrasi ponsel kehabisan baterai.

Photo :
  • Freepik

Baterai tanam

Terpopuler: Harga iPhone di iBox Naik, Modus Peretasan WhatsApp dari Facebook

Apple merupakan pencetus smartphone yang baterainya tidak bisa dilepas atau dibongkar agar bisa menghemat ruang dan membuat ponsel menjadi tidak terlalu tebal.

Layar sentuh

iPhone jadi yang pertama mempunyai layar sentuh secara menyeluruh, yang kemudian diikuti iPhone. Namun BlackBerry enggan untuk mengikutinya hingga menyebabkan mereka tertinggal dari iPhone maupun Android. 

Nano SIM

Apple juga mengubah ukuran kartu SIM, dari micro SIM hingga nano SIM. Tujuannya untuk menghemat ruang dalam perangkat. Bahkan saat ini perusahaan yang didirikan Steve Jobs itu mempunyai teknologi eSIM.

Kartu SIM atau SIM card.

Photo :

Pelindung layar

Sejak generasi pertama, iPhone sudah menggunakan Corning Gorilla Glass yang akan melindungi layar dari goresan dan kecelakaan-kecelakaan ringan. Hardware ini juga telah digunakan berbagai vendor berbasis Android. 

Sensor sidik jari

Sejak Apple merilis iPhone 5S, mereka telah menyempurnakan sensor sidik jari di tombol fisik home. Langkah ini diikuti berbagai pesaingnya yang menambahkan sensor di bagian belakang. Namun akhirnya Apple menghilangkannya dan diganti dengan Face ID yang dibuat Android.

?

Amelia saat menunjukkan iPhone X milik ayahnya yang belum dirilis resmi oleh Apple.

Photo :
  • U-Report

Notch atau takik

Notch, takik atau juga kerap disebut poni pertama kali ada untuk iPhone X dan dipertahankan hingga iPhone 14 pada dua varian yang paling dasar. Meski Android meniru notch Apple, tapi mereka telah lebih dulu mengubahnya dengan desain lain yang lebih kecil dan simpel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya