XL Axiata Tuntaskan Refarming Frekuensi 2.100 Mhz

Menara BTS milik XL Axiata.
Sumber :
  • Dok.XL

VIVA – Operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk berhasil menyelesaikan proses refarming atau penataan ulang blok frekuensi 2.100 MHz lebih cepat dari jadwal.

Begini Cara XL Axiata Buat Pelanggan Tidak Pindah ke Lain Hati

Selama proses penataan ulang, tidak ada kendala yang berarti. Proses terakhir berlangsung di sejumlah area di wilayah Jawa Barat.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie Dianty Yosetya mengatakan, jangka waktu penataan ulang frekuensi yang dilakukan perusahaan berlangsung lebih cepat 16 hari dari waktu yang telah ditetapkan, yakni 25 April 2018.

XL Axiata akan Bersih dari 3G, Hanya Ada 4G dan 5G

XL Axiata umumkan perluasan jaringan 3G

Ia menuturkan eksekusi penataan ulang frekuensi yang lebih singkat memungkinkan XL dapat segera meningkatkan layanan kepada pelanggan dengan mengoptimalkan penggunaan spektrum 4G yang lebih lebar.

XL Axiata Lagi Semringah

Hal ini sejalan dengan program pemerintah untuk memberikan layanan internet cepat pita lebar (broadband) yang lebih maksimal kepada masyarakat.

"Proses penataan ulang frekuensi 2.100 MHz dimulai sejak tanggal 15 Januari 2018 di area Papua, Maluku, dan Sulawesi. Kami sudah memiliki pengalaman terkait eksekusi penataan frekuensi, setelah sebelumnya, berhasil mengeksekusi penataan ulang pada spektrum 1.800 MHz," ungkap Yessie, dalam keterangannya, Selasa, 10 April 2018.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya (kanan).

Refarming merupakan proses penataan ulang dari penempatan blok frekuensi oleh seluruh operator sehingga pada posisi akhir, setelah proses penataan, seluruh blok frekuensi yang ditempati masing masing operator akan berurutan.

Dengan demikian akan menjadi lebih efisien untuk menggelar layanan broadband. Secara keseluruhan, proses refarming yang dilakukan seluruh operator akan berakhir pada 11 April 2018. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya