Bus Listrik UI Siap Komersil, Intip Tampangnya

Universitas Indonesia
Sumber :
  • Dokumen Universitas Indonesia

VIVA – Tim Mobil Listrik Nasional Universitas Indonesia telah meluncurkan bus listrik buatan mereka, Molina UI-EV Bus. Bus tersebut merupakan hasil riset kendaraan listrik yang siap dikomersialisasi. Selain hemat energi, bus tersebut juga ramah lingkungan, sesuai dengan visi UI yang mencanangkan sebagai green campus

Mau Naik Bus Listrik Transjakarta, Segini Tarifnya

Guna meramaikan industri otomotif di Indonesia dengan karya anak bangsa, bus tersebut sudah siap dipasarkan. Hemat energi dan ramah lingkungan sengaja menjadi ciri khas bus tersebut karena sesuai dengan tren kendaraan masa depan.

Pada Jumat 29 Juni 2018, Universitas Indonesia bersama dengan dua Badan Usaha Milik Negara yaitu Perum DAMRI dan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) melakukan kesepakatan dalam pengembangan operasi bus listrik nasional produksi UI. 

Anies Harap Bus Listrik Bakrie Jadi Solusi Kurangi Polusi Jakarta

Selain masalah pengembangan, dua BUMN tersebut juga berkomitmen untuk memesan beberapa unit kendaraan bus listrik yang diciptakan tim Molina Fakultas Teknik UI. Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama dilakukan di Ruang Apung Kampus UI Depok, Jawa Barat.

Resmi, 30 Bus Listrik Bakrie Mulai Mengaspal di Jakarta

Kesepakatan tersebut ditandatangani Muhammad Anis dari UI, Setia N. Milatia Moemin dari Perum Damri, dan Abdulbar M. Mansoer dari Persero. Kerja sama tersebut juga sebagai bentuk dukungan industri dan pemerintah terhadap riset yang dilakukan perguruan tinggi.

UI akan terus melakukan inovasi, tidak hanya dari kendaraan saja. Mereka juga akan menambahkan beberapa dukungan operasionalisasi bus listrik, seperti pabrikasi, charging station dan layanan purna jual (after sales service).

Kesepakatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemesanan bus listrik pada industri atau perusahaan. UI sendiri berharap dapat ikut berperan serta dalam pengembangan industri otomotif di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya