Ada Perbedaan iPhone XS, XS Max, XR di China dan Indonesia

Suasana antre saat membeli iPhone XS, XS Max, dan XR di iBox Central Park Mall Jakarta, Jumat, 14 Desember 2018.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari

VIVA – Tiga produk iPhone terbaru, XS, XS Max dan XR, resmi masuk ke Indonesia dengan memakai satu eSim, atau simcard elektronik, dan satu simcard fisik pada Jumat hari ini, 14 Desember 2018. Hal tersebut berbeda dengan yang di China yang menggunakan dua slot simcard fisik sekaligus.

iOS 17.4.1 Segera Hadir, Pengguna iPhone XR ke Atas Aman

"Itu keputusan Apple, ya. Kami sebelumnya sudah kasih masukan. Tapi, ya, keputusan yang keluar begitu," kata Direktur Pemasaran Erajaya Group, Djatmiko Wardoyo, di iBox Central Park Mall Jakarta, Jumat, 14 Desember 2018.

Ia mengatakan bahwa kemungkinan pihak Apple tahu bahwa dual slot simcard fisik dan eSim belum ada di Indonesia. Tapi, Djatmiko lagi-lagi mengaku tidak tahu secara pasti alasan Apple memasarkan dengan jenis simcard seperti itu.

Apple Rolls Out iOS 17 Software Update: Downloadable from iPhone XR

"Kami inginnya seperti di China. Tapi, dengan adanya eSim dan simcard fisik, maka jadi pertanyaan mendasar dari pengguna, kok, begini," paparnya. Sejauh ini, Djatmiko menuturkan, hanya China yang menggunakan iPhone dengan simcard fisik.

iPhone XS, XS Max, dan XR.

Uji Publik Teknologi e-SIM
iPhone XS, XS Max dan XR.

Adapun 10 negara pengguna iPhone dengan tipe eSim yakni Austria, Kanada, Kroasia, Republik Ceko, Jerman, Hungaria, India, Spanyol, Inggris, dan Amerika Serikat.

iPhone XS dijual dengan tiga versi untuk kapasitas 64GB, 256GB, dan 512GB. Ketiga versi itu dijual masing-masing seharga Rp20,5 juta, Rp23,5 juta, dan Rp27,5 juta.

Sedangkan, iPhone XS Max dijual juga dengan tiga versi yang sama dengan harga sebesar Rp22,5 juta (64GB), Rp25,5 juta (256GB), serta Rp29,5 juta (512GB).

Untuk iPhone XR dijual senilai Rp15,2 juta (64GB), Rp16,5 juta (128GB), dan Rp18,3 juta (256GB). Bukan hanya tiga iPhone, pada saat yang bersamaan, Erajaya juga menjual produk Apple Watch 4 seharga Rp7,9 juta hingga Rp8,5 juta.

Djatmiko mengingatkan, untuk pengambilan pre-order bisa dilakukan hari ini di iBox Central Park Mall, Jakarta Barat dan Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara. "Pengambilan pada hari ini juga dilakukan serentak di Toko Erafone di Surabaya, Jawa Timur dan Medan, Sumatera Utara. Kita official ada empat tempat," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya