Belum Adopsi e-SIM, Oppo: Tujuannya Buat Apa?

Ilustrasi e-SIM
Sumber :
  • Instagram/@bilgizone

VIVA – Oppo belum mau menerapkan kartu SIM elektronik alias e-SIM dalam produk mereka. Salah satu alasannya karena operator Indonesia belum ada yang menggunakan teknologi tersebut. 

E-SIM: Mempermudah Kita untuk Mempunyai Konektivitas Internet 2

"Sekarang operator belum ada terus tujuan buat apa," kata PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto di Jakarta, Kamis malam 3 Januari 2019. 

Dia menyatakan, Oppo hanya akan membuat perangkat yang dibutuhkan pengguna. Oppo tak ingin merilis produk cuma untuk gimik atau trik bujukan bagi konsumen. 

Kartu SIM Dimata-matai, Awas Akun WhatsApp Kamu Diambil Alih

Menurutnya, dalam e-SIM lebih baik kembali lagi tujuan penggunaannya itu untuk kepentingan apa.

"Sekarang tujuan e-SIM itu buat apa, konsumennya ada atau tidak. Sudah survei yang pakai e-SIM banyak tidak," kata dia. 

Semiliar Kartu SIM Mata-matai Pengguna, Indonesia Pasti Terancam

Untuk vendor yang sudah mengadopsi e-SIM masih terbatas. Apple sudah mengadopsi teknologi e-SIM untuk trio iPhone terbaru yaitu iPhone Xs, Xs Max dan iPhone XR. Beberapa negara menggunakan dua slot untuk iPhone baru tersebut. Untuk pasar China, dua slot pada iPhone baru masih menggunakan kartu SIM biasa. 

Saat masuk ke pasar Indonesia, tiga iPhone terbaru itu menggunakan satu slot kartu SIM dan smartphone Apple itu sudah menyediakan e-SIM walaupun untuk di Indonesia, teknologi tersebut belum diterapkan. (ali)

Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Uji Publik Teknologi e-SIM

Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo melakukan uji publik untuk kajian implementasi teknologi 'Embedded Subsricber Indentity Module' (e-SIM) di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
4 Juni 2023