Hey Generasi Muda, Robot Biksu Ini Bantu Masalah Sulitmu

Robot biksu Mindar
Sumber :
  • Instagram/@otaku_trend

VIVA – Kamu sudah tahu belum ada yang unik lho di Kuil Kodai-ji Zen, Jepang. Di tempat ibadah yang berusia 400 tahun itu, ada robot biksu yang berkhotbah. Pengelola kuil menempuh langkah ini untuk meningkatkan publik atas ajaran Buddha, terutama generasi muda di Jepang. Robot biksu ini diklaim bisa mengatasi masalah sulit yang sedang mendera umat Buddha.

Aktivis 98 Soroti Tantangan Geopolitik Dunia yang Makin Penuh Friksi

Dilansir dari laman Daily Mail, Kamis 15 Agustus 2019, robot biksu Android bernama Mindar itu menyampaikan khotbah tentang Sutra Hati dalam bahasa Jepang, yang diterjemahkan dalam bahasa Mandarin dan Inggris untuk wisatawan. Keren kan ya? ya iya dong, sebab Mindar ini merupakan robot berbasis kecerdasan buatan, jadi bisa luwes ngomong multi bahasa.

Usut punya usut nih, robot Mindar dikembangkan ahli robotika Universitas Osaka Jepang, Hiroshi Ishiguro. Biayanya tahu enggak, habis US$1 juta atau sekitar Rp14 miliar lho. 

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro

Dengan duit segitu, Ishiguro melapisi bagian tangan, wajah dan bahu Mindar dari kulit sintesis silikon. Kabel dan lampu berkedip di bagian tengkorak dan sebagian terlihat, seperti adanya kamera video di mata kirinya. Robot Mindar juga dapat menggerakkan lengan, kepala dan tubuhnya, seperti melakukan gerakan berdoa, menggenggam kedua tangannya.

Tak cuma itu saja lho. Robot Mindar berbicara dengan nada yang tenang, menenangkan, mengajarkan tentang kasih sayang, bahaya kemarahan, keinginan dan ego.

Sosok Jenderal Termuda di Lingkungan Polri, Raih Bintang Satu Saat Berusia 45 Tahun

"Robot ini tidak akan pernah mati. Dia akan terus memperbarui dirinya dan berkembang. Kecerdasan buatan akan tumbuh dalam kebijaksanaan untuk membantu mengatasi masalah sulit," ujar biksu Tensho Goto.

Goto merasa, saat ini ajaran agama sudah memudar dalam kehidupan sehari-hari di Jepang. Makanya, dia berharap robot ini bisa menjangkau generasi muda dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh para biksu.

Mobil listrik Xiaomi SU7

Pabrik Super Canggih Xiaomi Bikin Mobil Listrik Tiap 76 Detik

Xiaomi, raksasa teknologi asal China, tidak ketinggalan dalam tren ini. Baru-baru ini, mereka meluncurkan inovasi manufaktur dan otomatisasi tinggi dalam proses produksi

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024