Laptop Lipat Pertama Hadir di Dunia

Laptop lipat Lenovo Thinkpad Fold
Sumber :
  • BGR

VIVA – Jika sebelumnya sudah banyak beredar ponsel lipat, kali ini laptop tak mau kalah. Perangkat foldable pertama itu telah hadir dan siap dipasarkan.

Anak Mulai Pakai Ponsel Harus Dipantau, Bisa Timbulkan Risiko Negatif Ini Bun!

Mengutip laman BGR, Jumat 2 Oktober 2020, awal tahun ini Lenovo membeberkan idenya soal perangkat laptop yang bisa dilipat. Sembilan bulan kemudian, perangkat yang diberi nama Thinkpad X1 Fold sudah bisa dibeli.
Laptop lipat Lenovo Thinkpad Fold

Lenovo membanderol perangkat anyarnya US$2149 atau Rp31,9 jutaan. Harganya tak berbeda jauh dari ponsel lipat Samsung, Galaxy Z Fold 2, yakni Rp29 jutaan untuk versi 5G dan Rp33,8 jutaan saat dirilis di Indonesia.

Daftar Harga Ponsel Samsung Semua Tipe per 6 Mei 2024

Ukuran layar saat dibentangkan mencapai 13 inci, dan berfungsi sebagai tablet Windows 10 atau laptop jika menggunakan keyboard.

Laptop Lipat ini sebenarnya didukung Pen stylus serta Lenovo Fold Mini Keyboard. Namun sayangnya, tidak dijual bersamaan dengan X1. Untuk mendapatkan kedua aksesori ini, kamu harus mengeluarkan tambahan US$300 atau berkisar Rp4,4 jutaan.

Samsung Experience Lounge Hadir di Jakarta, Semua Serba Pakai AI

Saat dilipat, X1 akan menampilkan dua layar sentuh berukuran 9,6 inci dan bisa digunakan seperti membaca buku. Untuk ketebalannya, saat dibuka hanya 11,5 mm dan 27,8 mm saat keadaan terlipat. Lenovo juga menyiapkan cover, agar layar bisa berdiri saat menggunakannya sebagai laptop.

X1 menggunakan chipset Intel Core dengan teknologi Intel Hybrid, Intel UHD 11th-gen graphics. Laptop ini juga menggunakan 8GB LPDDR4X RAM, hingga 1TB PCle.
Laptop lipat Lenovo Thinkpad Fold

Lenovo membenamkan kamera HD beresolusi 5MP. X1 juga sudah mendukung jaringan 4G serta 5G. Di sisi baterai, X1 diklaim dapat bertahan mencapai 11 jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya