Samsung Aman, Apple dan Xiaomi Tukar Posisi

Samsung Galaxy Z Flip 3 Bespoke Edition.
Sumber :
  • GSM Arena

VIVA – Posisi Samsung masih aman bertengger di peringkat pertama. Sementara Apple dan Xiaomi saling bertukar posisi.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Hal ini disampaikan oleh perusahaan riset Canalys, yang mengungkapkan bahwa Apple berhasil menjungkalkan Xiaomi dari peringkat kedua dengan pengiriman ponsel terbanyak di dunia pada kuartal III 2021.

Meski begitu, pengiriman smartphone di dunia turun enam persen akibat kekurangan chipset secara global dalam sembilan bulan pertama tahun ini. Keberhasilan Apple menggeser Xiaomi karena kedatangan iPhone 13 yang membuat pertumbuhan penjualannya cukup signifikan.

South Korea Bans Its Soldiers to Use iPhone

Seperti dikutip VIVA Tekno dari situs resmi Canalys, Senin, 1 November 2021, total 325,5 juta smartphone dikapalkan dalam jangka waktu tersebut. Artinya, terjadi penurunan sebesar 6 persen dari tahun sebelumnya. Alasan terbesar adalah kelangkaan chip, yang hingga saat ini belum ditemukan solusinya.

Samsung mengapalkan total 69,4 juta unit smartphone, masih nomor satu meskipun terjadi penurunan 13 persen. Apple di posisi kedua, terbantu dengan performa kuat iPhone 13 serta masih larisnya iPhone 12. Mereka mengapaljan 49,2 juta unit dengan kenaikan 14 persen.

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Curi Ketang Dihukum Telanjang, Begini Kata Polisi

Xiaomi yang turun di posisi ketiga mengapalkan 44 juta unit smartphone. Diikuti berturut-turut oleh Oppo dengan 36,7 juta unit dan Vivo di tempat kelima dengan pengapalan 34,2 juta unit. Sisanya adalah brand-brand lain yang memiliki pengiriman hingga 91,9 juta, dengan pangsa pasar secara keseluruhan mencapai 28 persen.

"Samsung sudah mengapalkan 69,4 juta unit untuk pangsa pasar 21 persen secara global. Apple meraih kembali posisi kedua dengan peluncuran iPhone 13, yang mengapalkan 49,2 juta unit untuk pangsa pasar 14 persen," kata Analis Canalys, Lex Cuan Chiew.

Ia menyebut iPhone 13 membukukan penjualan awal yang kuat dan diperkirakan akan terus berlanjut. Terlebih bagi yang iPhone-nya sudah berusia lama, iPhone 13 merupakan upgrade yang mumpuni.

Di samping faktor iPhone 13, Apple juga cukup agresif dalam memberikan harga diskon bagi iPhone 12. Maka tidak mengherankan jika mereka membukukan performa yang baik di kuartal III 2021 meskipun persoalan kelangkaan chip masih terus mengintai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya