Epson Update Robot Canggih Buatan Mereka

Robot SCARA rancangan Epson.
Sumber :
  • Dok: Epson Indonesia

VIVA – Banyak orang mengenal Epson sebagai merek mesin pencetak atau printer, yang memiliki kualitas sangat bagus saat dipakai untuk memindahkan gambar foto ke kertas.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Namun, perusahaan asal Jepang itu juga memiliki teknologi canggih, yang digunakan untuk memproduksi robot guna keperluan di pabrik, yang dirancang menggunakan konsep Selective Compliance Assembly Robot Arm atau SCARA.

Baru-baru ini. Epson memberikan pembaruan terhadap perangkat robot SCARA All-in-One Seri T buatan mereka, yang bertujuan untuk memudahkan seluruh kalangan pengguna baik pemula maupun profesional.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Team Lead Robotic Solution Business Unit (RSBU) Epson Indonesia, Rudyanto Sudarman mengatakan bahwa robot Epson seri T seperti Robot SCARA All-in-One T3-B dan T6-B dibekali pemrograman Epson RC+ Express.

Robot SCARA rancangan Epson.

Photo :
  • Dok: Epson Indonesia
5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

"Seri T3-B dan T6-B dilengkapi dengan Epson RC+, yang dikemas dengan fitur dan perangkat lunak pengembangan automasi industri Epson RC+ Express tanpa kode yang tentunya dirancang untuk kemudahan penggunaan,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Senin 14 Maret 2022.

Epson RC+ merupakan bahasa pemrograman yang mudah dipelajari, dan menawarkan seperangkat alat canggih untuk mendefinisikan kembali efisiensi automasi. Sementara, Epson RC+ Express dipakai untuk mengembangkan program robot sederhana dan kuat dengan mudah dan efisien.

Peningkatan automasi bagi robot Epson itu bertujuan, agar dapat memenuhi permintaan produksi bersamaan dengan meningkatkan nilai produk, efisiensi pengelolaan biaya, dan memastikan keselamatan karyawan yang bekerja.

"Saat pendatang baru dan pakar berpengalaman mencari solusi automasi yang tepat, Epson Robots mengumumkan pembaruan untuk lini T-Series dengan T3-B dan T6-B All -in-One Robot SCARA," tuturnya.

Robot SCARA All-in-One T3-B dan T6-B yang baru diklaim ideal dimanfaatkan untuk proses pengemasan, pengambilan dan penempatan, dispensing, dan inspeksi. 

Pembaruan tambahan juga diberikan untuk desain faktor bentuk yang ditingkatkan dan kontrol gerakan yang diperbarui, dengan waktu siklus yang lebih lancar dan lebih cepat. Fitur utama yang disiapkan untuk perangkat tersebut yakni perangkat bisa dengan mudah dipasang, dan terintegrasi dengan cepat.

"Pemasangan dalam hitungan menit, tidak seperti sistem linear-slide yang kompleks, membutuhkan lebih sedikit waktu dan uang untuk integrasi sistem," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya