Samsung Punya Terobosan untuk Chipset Baru

Chipset Samsung Exynos.
Sumber :
  • SamMobile

VIVA Tekno – Samsung secara resmi mengumumkan teknologi chip 3nm barunya beberapa minggu lalu. Namun raksasa Korea itu dilaporkan baru akan memamerkan prosesor tersebut minggu depan.

Samsung Galaxy A35 5G, HP untuk Pecinta Makanan

Sebuah laporan dari Korea menunjukkan bahwa Samsung telah menjadwalkan peluncuran untuk chip 3nm pada 25 Juli, seperti dikutip dari situs BGR, Sabtu, 23 Juli 2022.

Samsung meluncurkan arsitektur transistor Gate-All-Around (GAA) chip 3nm baru, yang seharusnya secara signifikan lebih efisien dan lebih cepat daripada chip fabrikasi 5nm saat ini.

5 Merek Ponsel 5G yang Laku Dibeli Konsumen Indonesia

Dikabarkan, saat ini Samsung telah memulai produksi massal pada chip 3nm baru yang diharapkan akan disematkan pada ponsel flagship andalan mereka seperti Galaxy S suatu hari nantii.

Samsung mengatakan dalam pengumumannya bahwa chip GAA 3nm baru akan menawarkan banyak peningkatan jika dibandingkan dengan teknologi 5nm saat ini.

iPhone 15 Pro Max bikin Apple Bisa Bernafas Lega

Teknologi GAA akan membawa keuntungan efisiensi substansial yang akan meningkatkan masa pakai baterai. Itu di atas peningkatan kinerja dan pengurangan ukuran yang signifikan.

“Dibandingkan dengan proses 5nm, proses 3nm generasi pertama dapat mengurangi konsumsi daya hingga 45 persen, meningkatkan kinerja sebesar 23 persen dan mengurangi area sebesar 16 persen dibandingkan dengan 5nm,” ujar Samsung.

Namun spesifikasi saja tidak cukup untuk menjamin keberhasilan bisnis semikonduktor, TSMC terus menjadi saingan utama Samsung.

Antara lain, TSMC memproduksi semua chip A-series dan M-Series yang digunakan oleh Apple yang disematkan pada iPhone, iPad, dan Mac.

Bahkan, chip Snapdragon 8 Plus Gen 1 yang banyak disematkan pada ponsel flagship Android di paruh kedua tahun 2022 diproduksi oleh TSMC.

Padahal, sebelumnya Samsunglah yang memproduksi secara massal prosesor Snapdragon 8 Gen 1 asli sebelum Qualcomm memutuskan untuk pindah ke TSMC.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya