Tingkatkan Kekuatan Otot dengan Smartwatch Garmin

Olahraga dipandu smartwatch Garmin.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Akhir-akhir ini, olahraga jadi aktivitas yang banyak dilakukan masyarakat selepas pandemi. Berbagai macam jenis workout dilakukan demi menjalankan gaya hidup sehat, salah satunya adalah strength training atau latihan kekuatan.

Cycling Series Il Festino 2024 Sukses Bangkitkan Ekosistem Berpeseda di Indonesia

Ini adalah jenis olahraga yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot, agar dapat melakukan tugas sehari-hari dengan baik, mencegah cedera dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Menurut American College of Sports Medicine (ACSM), strength training direkomendasikan untuk dilakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu. Beberapa gerakan yang biasa dilakukan seperti plank, push-up, squat dan lainnya.

Bukan Jadi Penyanyi Dangdut, Cita-cita Jirayut Ternyata Mendambakan Pekerjaan Ini

Berdasarkan penelitian, rutin melakukan strength training dapat memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Mulai dari meningkatkan massa dan kekuatan otot, meningkatkan kesehatan kardiovaskular, mengurangi lemak, meningkatkan kepadatan tulang, hingga meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

"Untuk mendukung aktivitas strength training dan memberikan gambaran hasil olahraga yang menyeluruh, Garmin memiliki fitur untuk melacak berbagai aktivitas strength," kata Marketing Communication Manager PT Garmin Indonesia Distribution, Chandrawidhi Desideriani di Jakarta, Selasa, 12 September 2023.

Buka Festival Permainan dan Olahraga Tradisional Jabar 2024, Herman: Asah Intuisi Anak

Fitur ini dapat melacak berbagai hal seperti menghitung repetisi gerakan, melacak set yang telah dilakukan, jenis latihan yang dilakukan, memantau waktu olahraga dan waktu beristirahat, serta melacak otot mana saja yang mendapatkan manfaat dari olahraga atau disebut Muscle Map.

Muscle Map dapat mendeteksi dan memetakan otot bagian mana saja yang dilatih selama pengguna melakukan strength training.

Aplikasi Garmin Connect.

Photo :
  • Tangkapan layar

Setelah dipantau melalui smartwatch, pengguna akan mendapatkan gambaran lebih jelas otot bagian mana saja yang mendapat efek pelatihan melalui aplikasi Garmin Connect yang terinstal di smartphone.

Dengan begitu pengguna dapat memfokuskan latihan kekuatan sesuai target yang ingin dicapai. Beberapa model jam tangan Garmin seperti epix Pro Series dan Fenix 7 Pro Series menawarkan pre-loaded strength workout yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. 

Setelah memilih activity strength, tekan tombol kiri tengah untuk masuk ke menu activity. Terdapat beberapa pilihan seperti free yang artinya tanpa panduan, 30-minute blast untuk melatih otot inti dengan durasi 30 menit, back to basics workout untuk melatih kekuatan otot inti dengan repetisi hingga 5x, dan maximize your upper body untuk memperkuat otot badan bagian atas. 

Pengguna juga dapat memilih workout yang tersedia gratis di aplikasi Garmin Connect. Pada tampilan utama aplikasi, klik More dan pilih menu Training and Planning. Lalu pilih Workouts dan klik aktivitas mana yang ingin dilakukan. 

Tersedia juga beberapa tingkat kesulitan mulai dari Beginner, Intermediate dan Advanced. Setelah memilih salah satu jenis workout, pengguna juga dapat melihat durasi, tujuan workout, serta peralatan yang dibutuhkan dan Muscle Map. 

Setelah menyimpan workout, pengguna dapat mengirim workout tersebut ke jam tangan Garmin hanya dengan satu klik. Di jam tangan Garmin, akan muncul menu workout yang sudah dipilih sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya