Platform Sistem

ECS Siap Sambut AM3

Bila sesuai jadwal, AMD akan mengumumkan platform AM3 di semester pertama 2009. Adapun Prosesor Phenom II yang akan menggunakan AM3 siap diresmikan di pameran Consumer Electronics Show, Las Vegas, Januari mendatang. Tetapi Elitegroup Computer Systems, salah satu vendor motherboard terbesar malah sudah membuat produk yang menggunakan soket tersebut.

Motherboard ECS yang menggunakan soket AM3 itu adalah seri A790GXM-AD3 Black Series. Dari kode namanya, dapat diketahui bahwa chipset yang digunakan adalah AMD 790G. Menurut berita pers yang dirilis 23 Desember 2008, ECS menjanjikan kinerja gaming yang tinggi dan dukungan terhadap platform baru AMD, yakni Dragon.

Seperti diketahui, platform AMD Dragon merupakan platform untuk komputer desktop yang terdiri dari prosesor AMD Phenom II series, chipset AMD 790, serta grafis yang mendukung teknologi CrossFire X, yang dapat mengombinasikan kinerja dua kartu grafis atau lebih.

ECS A790GXM-AD mendukung arsitektur memori kanal ganda (dual channel) dengan memori DDR3 hingga kecepatan 1333MHz. Secara total, motherboard dapat menampung RAM hingga kapasitas 32GB. Untuk memenuhi kebutuhan pengguna overclocker, ECS menyediakan utility BIOS M.I.B II yang menghadirkan berbagai opsi tweaking secara detail.

Chip northbridge 790G dipasangkan dengan southbridge SB750. Chip ini mendukung fungsi Advanced Clock Calibration agar memungkinkan pengguna meningkatkan performa keseluruhan lebih lanjut. Lebih lanjut, motherboard juga memiliki desain daya 5 fasa dengan sistem pendinginan unik. Dengan demikian, stabilitas sistem ketika di-overclock bisa lebih terjaga dan mengurangi risiko overheat. 

Bagi pengguna gamers, pada motherboard yang menyediakan grafis Radeon HD3300 terintegrasi itu juga memiliki dua slot PCI Express x16 untuk mendukung sistem CrossFireX. Bila hanya menggunakan satu kartu grafis, motherboard juga mendukung sistem Hybrid CrossFire (penggabungan grafis onboard dan kartu grafis tambahan).

ECS menyatakan bahwa motherboard A790GXM-AD3 Black Series ini sudah mulai dirilis ke pasar.

Bocah Super Arsenal Tak Cuma Andalkan Bakat
Rio Reifan.

Rio Reifan Ditangkap karena Kasus Narkoba, Ini Barang Buktinya

Aktor Rio Reifan lagi-lagi terjerat kasus narkoba. Dia kembali ditangkap polisi beserta sejumlah barang bukti. Apa saja barang buktinya?

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024