Tahun 2014, BlackBerry Resmi Hadirkan BBM Channels

BlackBerry Z30
Sumber :
  • venusbuzz.com

VIVAnews - Sadar popularitas dan penjualannya terus melesu, BlackBerry kini benar-benar gencar memasarkan platform pesan instan di perangkat mobile: BlackBerry Messenger (BBM) .

Setelah merilis BBM lintas-platform untuk OS Android dan Apple iOS BlackBerry kini tengah sibuk mempersiapkan fitur BBM Channels yang siap dilepas ke publik secara komersial tahun depan.

"Versi beta sudah bisa dicoba sekarang. Cukup lakukan update BBM, atau unduh BlackBerry Beta Zone. BBM Channels versi resmi akan muncul awal tahun 2014," kata Ardo Fadhola, Senior Country Product Manager BlackBerry Southeast Asia, saat berkunjung ke kantor VIVAnews, Jakarta, hari ini.

Memang sejak memperkenalkan BBM lintas-platform, BlackBerry sudah menggembar-gemborkan BBM Channels. Ini digadang-gadang jadi fitur jagoan BBM di masa depan.

Di fitur ini, pengguna Android dan iOS akan mendapat akses untuk BBM Voice, Video calling, serta Community Building tool. Di sini, pengguna juga bisa "migrasi" dari BBM Group yang kapasitas membernya terbatas, hanya 30 pengguna.

"Di BBM Channels, jumlah anggota tidak dibatasi. Siapapun bisa membuat channel, seperti Twitter dan Facebook Fanpage. Follower bisa siapa saja, bisa juga ekslusif," jelas Ardo.

Dia mengaku optimis BBM Channels dapat memperkuat posisi BBM di antara banjirnya layanan pesan instan di ponsel dan tablet, seperti LINE, Kakaotalk, WhatsApp, dan sebagainya.

"BBM Channels menempel di BBM, lebih mudah dijangkau karena dalam satu window aplikasi yang sama. Kalau Twitter harus buka aplikasi lain, atau Facebook Fanpage terpisah dari fitur Facebook Chat. Pengguna kan jadi repot," jelasnya.

Kelebihan lain, dari sisi konten BBM Channels juga kaya, tidak hanya teks tetapi juga ada multimedia, seperti video dan foto. "Ini memudahkan kegiatan pemasaran, terutama bagi merchant-merchant atau brand. Channels bisa menjadi channel baru pemasaran mereka yang menyasar pengguna BBM," tutur Iip Azhar Muftach, Senior Business Development Manager BlackBerry Indonesia, pada kesempatan yang sama.

Seperti Twitter, BBM Channels nantinya pun mempunyai fitur Verified Account dan Featured Channel. Tapi, untuk verifikasi akan dilakukan langsung oleh BlackBerry. Pengguna, merchant, tokoh publik, tidak bisa mengajukan diri sebagai verified account. "Syaratnya mudah, akun itu harus punya aktivitas, tidak pasif," terang Iip.

Saat ini, dia mengaku, BlackBerry sedang gencar "mengundang" mitra-mitranya untuk bergabung di BBM Channels, yang jumlahnya sekitar 200 brand.

"Sekarang ini sudah ada 1.000-an channel yang dibuat oleh pengguna di Indonesia. Ada BlackBerry Indonesia, Kaskus, Coca-cola Indonesia, dan masih banyak lagi. Kami harap jumlahnya bisa lebih banyak lagi setelah BBM Channels diluncurkan resmi," kata Iip.

Terpopuler: Mitos Fakta Lahir C-Section Seperti Ria Ricis, Trik Hindari Heatstroke saat Ibadah Haji

Tampilan BBM Channels di perangkat BlackBerry 10.

Bungkam Bayern Munich, Real Madrid Tantang Borussia Dortmund di Final Liga Champions
Nathalie Holscher

Anaknya Kumpul Bareng Keluarga Sule, Nathalie Holscher: Bahagia Selalu Ya Adzam

Meskipun Nathalie Holscher tidak ikut serta dalam acara pengajian itu, namun sang anak, Adzam, justru datang untuk berkumpul dengan saudara-saudara lainnya di rumah Sule.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024