Video Kereta Tenaga Surya Beroperasi Penuh

Kereta tenaga surya yang beroperasi penuh di Australia
Sumber :
  • www.techblog.com

VIVA – Kereta berbasis tenaga surya pertama di dunia akhirnya beroperasi penuh jelang pergantian tahun. Kereta tenaga matahari beroperasi di Byron Bay, Australia. Sambutan atas kereta ini begitu ramai, pengunjung stasiun mengabadikan momen operasi penuh kereta tenaga ramah lingkungan itu.

Kalkulator Ini Dipaksa Pakai Windows 10, Begini Jadinya

Kereta yang dioperasikan Byron Bay Railroad Company itu merupakan kereta berdekorasi kuno. Di atap kereta ini terdapat panel surya fleksibel dan lapisan surya 6,5 kilowatt. 

"Panel surya fleksibel SunMan melapisi atap kereta. Panel ini menghasilkan energi yang tersimpan dalam sistem baterai 77 kilowatt jam (kWh)" jelas pengelola dikutip dari Techblog, Selasa 2 Januari 2018. 

Pendiri Android Pamer Ponsel Baru, Jangan Kaget Antimainstream Banget

Kereta tenaga terbarukan ini bisa mengecas daya di stasiun dalam perjalanan ke tujuan. Pengecasan di stasiun dilakukan pada panel surya 30 kW. 

Menurut RenewEconomy, baterai dari panel surya ini sama kapasitasnya seperti kapasitas baterai mobil listrik Tesla Model S. Sedangkan untuk sistem pengereman kereta ini memulihkan sekitar 25 persen dari energi yang dihabiskan tiap kali pengereman dilakukan. 

Hilang 22 Tahun Lalu, Jenazah Pria Ditemukan Google Maps

Kereta bertenaga surya Byron Bay Railroad Company

Kereta ini bisa mengangkut sampai 100 penumpang duduk serta menyediakan ruang bagi beberapa yang berdiri. 

Fasilitas kereta tenaga surya ini dia antaranya bagasi sampai sepeda di dalam gerbong. Dalam operasi penuhnya, biaya menaiki kereta tenaga surya ini yaitu US$3 untuk penumpang dewasa, US$2 untuk penumpang usia 6-13 tahun, gratis untuk anak umur 5 tahun.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya