10 Fakta Menarik Tokopedia, Kini Sudah Hadir di 93 Persen Kecamatan

Tokopedia Tower
Sumber :

VIVA – Perusahaan teknologi yang berbasis di Indonesia, Tokopedia, mencatat pencapaian yang signifikan sepanjang tahun 2018. Dalam keterangan resmi pada Selasa, 8 Januari 2019, perusahaan yang didirikan William Tanuwidjaya itu menyebut telah hadir di 93 persen kecamatan di Indonesia.

Startup Bergantung sama Internet

Berikut ini daftar pencapaian Tokopedia sebagaimana dirangkum dalam 10 fakta menarik.

1. Tokopedia telah berdiri sembilan tahun dan terus berkomitmen mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di seluruh Indonesia. Di tahun 2018, Gross Merchandise Value (GMV) perusahaan meningkat hingga empat kali lipat dibanding 2017.

Membidik Nasabah 'Underbanked'

Chief Executive Officer Office Manager Tokopedia, Priscilla Anais mengatakan, memasuki tahun ke sepuluh, Tokopedia akan mengembangkan ekosistem menjadi infrastructure-as-a-service (IaaS), di mana teknologi logistik, fulfillment, pembayaran, dan layanan keuangan, akan memberdayakan perdagangan, baik online maupun offline.

"Dengan evolusi ini, kami ingin mempercepat pencapaian misi kami dalam pemerataan ekonomi secara digital,” katanya.

Dunia Fashion Berkembang Pesat di 2024, Apa Saja yang Bakal Jadi Tren?

2. Tokopedia mengklaim telah membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan terhadap barang dengan harga terjangkau dan pelayanan terbaik. Jumlah transaksi di luar pulau Jawa meningkat 66 persen dari tahun sebelumnya.

3. 25 persen total penjualan barang menggunakan same-day-service.

4. Dari kategori produk digital, total penjualan saldo e-Money juga cukup tinggi. Hingga bisa digunakan untuk melintasi tol Jakarta-Surabaya sebanyak 120 ribu kali.

5. Untuk produk baterai, telah terjual di Tokopedia setidaknya dapat menghidupkan 100 ribu motor listrik.

6. Pada kategori hobi dan gaya hidup, penjualan saldo M-Tix diibaratkan seperti membeli tiket bioskop untuk lima kali jumlah penduduk Padang.

7. Untuk penjualan stiker diibaratkan sebanyak dua kali lipat total penduduk Surabaya.

8. Penjualan pupuk diklaim bisa menyuburkan tujuh kali luas lahan di kota Medan.

9. Tokopedia telah menjual 16 juta botol minum. Sementara penjualan mangkoknya sendiri disebut bisa memfasilitasi seluruh masyarakat Tangerang Selatan untuk menyantap bakso.

10. Penjualan buah di Tokopedia bisa digunakan untuk mengirim parsel buah sebanyak 135 ribu.

Tokopedia memiliki visi menciptakan peluang dan membantu masyarakat untuk menghasilkan pendapatan lebih, meratakan ekonomi di Indonesia secara digital, mempermudah hidup, membantu masyarakat mencapai tujuan dan mendukung pembangunan ekonomi yang lebih inklusif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya