Tolak Gojek, Filipina: Silakan Kalau Mau Banding

Ilustrasi pemakaian Gojek.
Sumber :
  • www.lelogama.go-jek.com

VIVA – Gojek ditolak untuk masuk ke pasar Filipina. Otoritas Transportasi Filipina, The Land Transportation Franchising and Regulatory Board atau LTFRB, menolak proposal masuknya Gojek ke negeri tetangga Indonesia tersebut.

Viral Pengemudi Taksi Online Ini Menyelamatkan Nyawa Orang

Otoritas tersebut menilai Gojek tidak lolos dalam aturan kepemilikan usaha. Konstitusi Filipina mengatur hanya warga negara Filipina, atau perusahaan dengan 60 persen kepemilikan lokal yang bisa mengoperasikan utilitas publik. Konstitusi juga mengatur untuk industri tertentu, kepemilikan lokal harus mencapai 40 persen.

Sementara Gojek mencoba masuk ke Filipina melalui anak usaha bernama Velox Technology Philippines. Sayangnya, sebagian besar kepemilikannya dipegang oleh perusahaan induk Singapura, yakni Velox South-East Asia Holdings.

Cara Gampang Mendapatkan Saldo Dana Gratis dari GoPay Tanpa Top Up, Bisa Sambil Rebahan

Bahkan, dokumen lainnya menunjukkan, anak usaha itu dimiliki sepenuhnya oleh Gojek. Atas penolakan itu, Gojek mengaku akan akan terus mengikuti proses yang berlaku di Filipina.

"Jika mereka (Gojek) mau banding, itu pilihan mereka," ujar Chairman LTFRB, Martin Delgra dikutip dari Manila Bulletin, Rabu 9 Januari 2019. Ia mengatakan perlakuan Gojek dengan Grab memang berbeda. Grab mulus beroperasi di Filipina sebab perusahaan ini mematuhi ketentuan soal kepemilikan bisnis. 

Tega Banget Ojol Ini Pakai Motor Supra Bawa Kulkas 2 Pintu, Kok Bisa?

Delgra menjelaskan, unit lokal Grab di Filipina, MyTaxi.PH Inc mematuhi aturan kepemilikan lokal sesuai yang diamanatkan konstitusi Filipina. Merespons penolakan masuk ke pasar Filipina, Gojek masih mengkaji langkah berikutnya.

Gojek memberikan sinyal tetap akan mencari cara supaya bisa beroperasi di Filipina. "Kami terus terlibat secara positif dengan LTFRB dan badan pemerintah lainnya, karena kami berusaha menyediakan solusi transportasi yang dibutuhkan masyarakat Filipina," ungkap Perwakilan Gojek dikutip dari TechCrunch.

Jika berhasil masuk ke Filipina, Gojek artinya telah ekspansi ke empat negara di Asia Tenggara. Sebelumnya, Gojek sudah hadir di Vietnam, Thailand, dan Singapura. Ekspansi ketiga negara tersebut dilakukan Gojek selama enam bulan terakhir. (dhi)

Goto, Gojek dan Tokopedia.

GoTo Luncurkan Layanan Asisten Suara Dira Berbasis AI, Simak Keunggulannya

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) meluncurkan 'Dira by GoTo AI', sebagai asisten suara dalam bahasa Indonesia berbasis Artificial Intelligence (AI).

img_title
VIVA.co.id
16 Juli 2024