Demi Pedagang Lokal, Tokopedia Belum Tergiur Go International

Tokopedia.
Sumber :

VIVA – Pendiri dan Kepala Eksekutif Tokopedia, William Tanuwijaya mengaku belum tertarik untuk melakukan ekspansi ke luar Indonesia. Ia merasa harus terlebih dahulu mempersiapkan penjual untuk bisa bersaing di pasar domestik.

Sinar Mas Land Melalui Digital Hub bersama Xendit Gelar DNA VC Startup Connect

"Kami melihat tantangan di sisi pedagang. Jika sudah go international, pedagang lokal harus bisa bersaing dengan pedagang dari luar Indonesia. Untuk bisa bersaing, mereka harus bisa menang di pasar domestik," ujarnya di Tokopedia Tower, Jakarta Selatan, Rabu, 19 Mei 2019.

Saat ini, Tokopedia disebutkan sudah memiliki 5,9 juta pedagang dan berhasil menyumbang satu persen terhadap perekonomian negara.

Angin Segar untuk Startup Pemula

Meski belum ada niat melakukan ekspansi, namun Tokopedia sudah menjalankan beberapa program untuk meraih pertumbuhan. Salah satunya adalah dengan mengakuisisi dua startup gaya hidup, BrideStory dan ParentStory.

Ada juga pembangunan sejumlah TokoCabang di berbagai daerah di Indonesia. Lokasi ini digunakan untuk penjual yang ingin menitipkan barangnya di gudang pintar. TokoCabang akan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan pasar, terutama di daerah yang memiliki permintaan tinggi.

Kado Pernikahan Peralatan Rumah Tangga buat Sahabat, Pasti Bermanfaat

"Untuk mengembangkan bisnis kami masih melakukan investasi. Seluruh profit yang masuk, kita investasikan agar terus tumbuh. Kita ingin menjadi perusahaan yang bisa dibanggakan, bukan cuma dikenal perusahaan yang sudah berdiri lama," katanya.

Ia menggambarkan, ada beberapa perusahaan global yang sudah berhasil memiliki pangsa pasar hingga 80 persen. Tapi kemudian ditinggal konsumen ketika melakukan inovasi dan evolusi. Tokopedia sendiri melihat Amazon dan Alibaba yang terus melakukan investasi, untuk kemudian kembali menjadi ekosistem perusahaan. (dhi)

CEO GOTO Patrick Walujo.

Transaksi Grup GoTo Q1-2024 Meningkat, Kerugian Mulai Dipangkas

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal I 2024. Nilai transaksi bruto grup tumbuh 20 persen menjadi Rp 116,5 triliun

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024