Listrik Padam, Kenapa IBM Aman-aman Saja

Kantor IBM di Singapura
Sumber :
  • Instagram/@openerofthegates

VIVA – Sebagian besar wilayah Jawa mengalami listrik mati yang mengakibatkan gangguan layanan telekomunikasi. Sejumlah layanan berbasis internet tidak bisa diakses dampak dari lumpuhnya pasokan listrik di Jabodetabek, sebagian Jawa Tengah dan Jawa Barat. Perusahaan teknologi IBM mengaku tak terdampak dengan insiden padamnya listrik tersebut. Performa perusahaan tetap berjalan aman-aman saja.

Panas Bangladesh Hingga 41 Derajat Celcius, Sekolah Minggu Ini Ditutup

Country Manager Cloud and Solution IBM Indonesia, Lianna Susanto mengatakan perusahaan tidak terdampak padamnya listrik karena server IBM berada di Singapura. Sedangkan yang bermasalah adalah jaringan yang berada di Indonesia. Dampak dari padamnya listrik tersebut, klien IBM di Indonesia tidak bisa mengakses data center IBM. 

"Kalau dari kita sih enggak. Karena di kita server kita di Singapura. Jadi untuk memelihara data center untuk cloud adalah bagian dari manajemen kami," kata Lianna di Jakarta, Senin 5 Agustus 2019. 

Sederet Kisah Perjuangan Tiko, Mulai dari Merawat Ibu yang Depresi hingga Hidup Tanpa Listrik

Dia mengatakan, ada beberapa aspek standar pemeliharaan yang harus dipenuhi, di antaranya listrik dan temperatur data center. Dengan demikian, klien IBM sebenarnya hanya tinggal memelihara bisnis mereka saja. 

"Dan pada dasarnya Anda tinggal membeli layanan cloud. Anda hanya tinggal memelihara sisi bisnis. Misalnya punya backup berapa jam. Standar itu harus ada dan itu setiap kontrak harus kasih tahu. Ini standar pelayanan kita," ujar Lianna. 

Pertemuan Gibran dan Giring di Eks Rumdin Jokowi Terusik Listrik Padam
Gara-gara listrik padam, 3 pegawai Pemkab Brebes terjebak dalam lift 45 menit

Gegara Listrik Padam, 3 Pegawai Pemkab Brebes Panik Terjebak Dalam Lift 45 Menit 

Tiga orang pegawai Pemkab Brebes, Jawa Tengah terjebak di dalam lift saat listrik padam pada Senin siang, 19 Februari 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 Februari 2024