Indonesia Punya 7 Unicorn, Kopi Kenangan Baru Gabung

Kopi Kenangan.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA – Kopi Kenangan baru saja mengumumkan gelar unicorn, di mana mereka mendapat pendanaan Seri C tahap pertama senilai US$96 juta atau (Rp1,3 triliun). Menurut data VIVA Tekno, hingga Oktober 2021, Indonesia tercatat sudah memiliki 7 unicorn dan 1 decacorn.

Bocah Perempuan Menangis, Dibully Gegara Pakai Baju Unicorn Dikaitkan LGBT

Unicorn adalah sebutan untuk startup atau perusahaan rintisan yang meraih valuasi US$1 miliar (Rp14,2 triliun), sementara decacorn bernilai US$10 miliar (Rp142 triliun). Berikut 7 unicorn tersebut:

Ajaib

Startup Dana Lagi Semringah

Fintech investasi saham dan reksa dana, Ajaib, memperoleh pendanaan US$153 juta (Rp2,2 triliun) dari DST Global. Perusahaan ini pun langsung mendapat gelar sebagai Fintech Unicorn Investasi pertama di Asia Tenggara pada Oktober kemarin.

Pendanaan Seri B ini dipimpin oleh DST Global, bersama dengan investor terdahulu Ajaib, yaitu Alpha JWC, Ribbit Capital, Horizons Ventures, Insignia Ventures, dan SoftBank Ventures Asia. Valuasi Ajaib saat ini mencapai US$1 miliar.

Sepak Terjang Johnny G Plate Selama Mengabdi sebagai Menkominfo

Xendit

Xendit menjadi startup pertama di Indonesia yang mendapat status unicorn untuk industri payment gateway B2B berkat pendanaan Seri-C senilai US$150 juta (Rp2,1 triliun) pada September lalu.

J&T Express

Pada April 2021, perusahaan logistik J&T Express memiliki valuasi US$7,8 miliar atau Rp113 triliun. Perusahaan yang didirikan oleh Jet Lee dan Tony Chen pada 2015 ini yakin bisa menjadi ekspedisi ekspres pilihan pertama masyarakat Indonesia dengan mengandalkan inovasi teknologi pada sistem pengiriman, pelayanan yang mengutamakan tanggung jawab, serta harga terjangkau tapi kualitas premium.

OVO

Laporan CB Insights pada Oktober 2019 menyebut OVO memiliki valuasi sekitar US$2,9 miliar atau sekitar Rp41,1 triliun. Platform pembayaran digital itu kini sudah tersedia di 430 kota dan kabupaten di Indonesia.

Traveloka

Awal 2017, Traveloka sudah memiliki valuasi US$3 miliar atau Rp42,6 triliun. Tahun lalu, mereka mendapat suntikan dana sebesar US$250 juta (Rp3,5 triliun) dari sejumlah investor, termasuk EV Growth. Pendanaan tersebut akan digunakan untuk memperbaiki kondisi bisnis perusahaan yang sempat melandai sejak awal pandemi COVID-19.

Bukalapak

Mereka resmi mengumumkan gelar unicorn di awal 2018. Tapi saat itu mereka tidak membuka valuasi serta investornya. Namun, pertengahan tahun ini Bukalapak resmi mencatatkan namanya di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Kopi Kenangan

Menutup tahun 2021, Kopi Kenangan mengumumkan valuasi US$1 miliar yang membuat mereka ditempatkan sebagai perusahaan New Retail Food & Beverage (F&B) Unicorn pertama di Asia Tenggara.

Pendanaan Seri C dipimpin oleh Tybourne Capital Management dan diikuti sejumlah investor dari seri sebelumnya seperti Horizons Ventures, Kunlun dan B Capital serta investor baru yaitu Falcon Edge Capital.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya