UMKM Naik Kelas Lewat Teknologi Digital

UMKM go digital.
Sumber :
  • The Financial Express

Padang, 26 Februari 2024 – Dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi digital dan meningkatkan produktivitas UMKM, PT Mandala Multifinance Tbk (Mandala Finance) dan Prestasi Junior Indonesia (PJI) meluncurkan program Digital Entrepreneur Empowerment Program (DEEP).

Ekonom Proyeksikan BI Bakal Kembali Tahan Suku Bunga Acuan 6 Persen

Program ini telah membantu 51 pengusaha muda di Kota Padang untuk mengembangkan bisnis mereka, melalui pelatihan dan pendampingan dalam pemanfaatan teknologi digital.

Sejak diluncurkan pada Februari 2023, program DEEP telah menghasilkan pencapaian yang luar biasa. Para peserta program berhasil meningkatkan total pendapatan bisnis mereka hingga Rp4,26 miliar, melayani lebih dari 44.000 transaksi penjualan, dan menjangkau pasar di luar Kota Padang.

Pertamina Patra Niaga Beberkan Upaya Pemerataan Energi Indonesia di Hannover Messe 2024

Pemerintah Kota Padang menyambut baik program DEEP dan menyatakan bahwa program ini sejalan dengan visi dan misi pemerintah dalam meningkatkan ekonomi dan membuka lapangan kerja.

"Kami mengapresiasi keberhasilan program ini yang sangat berdampak pada peningkatan skala bisnis UMKM melalui digitalisasi dan juga pembukaan lapangan kerja." ujar Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kota Padang, Corri Saidan, dikutip VIVA Tekno dari keterangan resmi.

Kemenangan Prabowo-Gibran Diharap Jadi Peluang Kembangkan Ekonomi Berbasis Laut

Ketua Pengurus Prestasi Junior Indonesia, Pribadi Setiyanto, menjelaskan bahwa program DEEP dirancang untuk mengatasi hambatan utama UMKM, yaitu manajemen operasional dan finansial konvensional serta minimnya penguasaan teknologi digital.

Business General Manager Sumatera Mandala Finance, Trisno Situmeang, mengungkapkan bahwa program DEEP merupakan bagian dari komitmen Mandala Finance untuk mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia.

"Kami berharap seluruh pembelajaran dan pengalaman yang diperoleh melalui program ini dapat menjadi aset berharga bagi para pengusaha muda untuk terus tumbuh menjadi pemimpin bisnis yang menggerakkan ekosistem kewirausahaan digital di Sumatra Barat," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya