ThinkNusantara, Picu Anak Muda Peduli Isu Tanah Air

Peresmian situs platform Think Nusantara
Sumber :
  • Dok. Pribadi
VIVA.co.id
Sudah 25 Tahun, Ini Situs Website yang Pertama Kali Online
- Jutaan anak muda memilih untuk mengemban ilmu di luar negeri, dengan harapan dapat diterapkan di negeri sendiri agar menjadi bangsa yang makin maju. Meski belajar di luar negeri, ini tidak membuat mereka melupakan rasa nasionalisme terhadap tanah air.

Kelewat Populer, Aktor Korea Jadi Penyebab Erornya Website

Berbicara mengenai nasionalisme, Gitta Amelia, mahasiswa Indonesia di The Wharton Scholl, University of Pennsylvania, memiliki pandangan yang berbeda mengenai nasionalisme. Dia menilai, nasionalisme bukanlah upaya untuk menjadi mandiri, melainkan berusaha untuk melakukan yang terbaik bagi negara.
Delapan Situs Keren yang Bisa Tingkatkan Keahlian Anda


"Memahami ini dan mengambil tanggung jawab dari hal ini adalah revolusi mental yang dimaksudkan dan lebih substansial yang dibutuhkan generasi pemikir masa depan Indonesia," ujar Gitta, kepada
Viva.co.id
, Jumat 10 Juli 2015.


Menurut dia, semua orang, termasuk anak muda generasi bangsa harus berusaha menjadi nasionalis, dalam arti, mengambil bagian dalam setiap diskusi global, berbagi ide, belajar dari orang lain atau negara lain. Semua itu kemudian bisa diterapkan di Indonesia untuk memajukan topografi sosial, politik, dan ekonomi tanah air.


Berdasar pandangan itulah, Gitta dan seorang koleganya membuat sebuah situs yang dijadikan platform bagi siapa saja untuk bisa menuangkan ide dan pemikirannya untuk Indonesia. Situs itu diberi nama Think Nusantara.


Think Nusantara dibuat Gitta bersama dengan temannya sesama pemuda kebangsaan Indonesia lainnya. Mereka dalah Anthony Wonsono dari Elliott School of International Affairs, George Washington University; Brian Limiardi, pekerja di Goldman Sachs lulusan University of Illinois; dan Sofia Layanto dari Georgetown University.


Dalam situsnya, terdapat beberapa rubrik yang layak untuk diikuti. Isi artikel dalam rubrik itu adalah murni ide dan pemikiran dari para anggotanya. Mereka bisa menulis apa saja, mulai dari Kebijakan, Politik, Komunitas, Ekonomi dan Profil orang ternama.


"Banyak anak muda yang memiliki pemikiran hebat untuk masa depan namun kadang tidak tahu bagaimana cara mengeskpresikannya. Banyak anak muda berbakat yang mau berkontribusi untuk Indonesia, namun tidak tahu bagaimana caranya. Kami percaya, semua orang bisa membuat perbedaan. Potensi inilah yang kami tampung, tidak peduli dimanapun lokasi keberadaan mereka," tulis situs tersebut.


Mereka menargetkan akan membentuk beberapa chapter mengenai Think Nusantara di seluruh dunia untuk kelompok diskusi. Saat ini, yang baru terbentuk adalah di Washington DC, New York. Ke depan akan mereka bentuk chapter di Boston, London dan Los Angeles.


Ini artinya, situs ini benar-benar ditujukan untuk membentuk komunitas yang diharapkan bisa memberikan kontribusi terbaiknya bagi Indonesia. Baik melalui diskusi, ide tulisan, event, dan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya