Spesies Baru Dinosaurus Kerabat Brontosaurus, Gaya Jongkoknya Beda

Ilustrasi spesies baru dinosaurus, Ledumahadi mafube
  • Instagram/@viktorsaurus91

VIVA – Para peneliti berhasil menemukan spesies baru dinosaurus. Fosil raksasa jenis pemakan tumbuhan tersebut terdeteksi hidup 200 juta tahun lalu.

Ada 3 Negara Guinea di Benua Afrika, Timnas Indonesia U-23 Lawan Guinea yang Mana?

Hewan ini diberi nama Ledumahadi mafube. yang artinya guntur raksasa saat fajar dalam bahasa Sesotho, salah satu bahasa resmi di Afrika Selatan.

"Namanya mencerminkan ukuran hewan besar serta fakta garis keturunannya ada pada asal usul dinosaurus Sauropoda," kata pemimpin penelitian dari Universitas Witwatersrand Afrika Selatan, Jonah Choiniere, dikutip dari laman Daily Mail, Jumat 28 September 2018.

Harga Emas Hari Ini 6 Mei 2024: Produk Antam dan Global Melorot

Sauropoda diyakini kerabat dekat Ledumahadi. Kelompok dinosaurus yang dikenal termasuk Brontosaurus bobot jenis dinosaurus ini bisa mencapai 60 ton.

Peneliti menjelaskan, Ledumahadi mafube merupakan herbivora. Posturnya mirip dengan gajah modern dengan berjalan menggunakan empat kaki.

Lubang Biru Terdalam di Dunia Ditemukan, Misteri Goa dan Terowongan Tersembunyi

Ledumahadi mengembangkan ukuran raksasa dari kelompok itu. Dinosaurus itu berdiri empat kaki dengan kaki depan lebih bengkok. Penampilan jongkok spesies baru ini terlihat berbeda.

"Ukurannya hampir sama dengan dinosaurus sauropoda raksasa, namun lengan dan kakinya biasanya ramping, Ledumahadi lebih tebal," kata penulis utama studi, Blair McPhee.

Ledumahadi ditemukan di Clarens, Afrika Selatan. Saat ini merupakan daerah pegunungan, Namun pada zaman itu, area tersebut berbentuk dataran dan kering.

Dinosaurus itu berukuran 4 meter dengan berat 12 ton. Sekitar dua kali ukuran gajah besar Afrika.

Para peneliti memperkirakan, hewan-hewan purba itu mati saat sudah dewasa. Mereka menghitung usia hidupnya mencapai 14 tahun. Peneliti melihat cincin pertumbuhan pada jaringan tulang fosil untuk menentukan usia Ledumahadi.