VIDEO: Detik-detik Meteor Jatuh, Mirip Asap Rokok

Penampakan meteor jatuh di langit San Francisco Bay, California
Sumber :
  • Instagram/@bayareajet

VIVA – Cahaya misterius muncul di langit San Francisco Bay, California Amerika Serikat, Rabu petang 19 Desember 2018 waktu setempat. Cahaya muncul di langit petang dan kemudian memunculkan asap. Saksi mata yang mengetahui fenomena itu ramai-ramai mengabadikan dan mengunggah di akun media sosial. Mereka bertanya-tanya fenomena apakah yang muncul di langit petang. 

Geger Temuan Harta Karun yang Terbuat dari Meteor, Begini Penampakannya

Fenomena tersebut menjadi perhatian publik California. Belakangan, pengelola Lick Observatory Universitas California Amerika Serikat mengungkapkan, penampakan cahaya misterius itu adalah meteor yang masuk ke atmosfer Bumi. 

"Cahaya terang meteor terlihat di atas langit San Francisco Bay sesaat setelah matahari terbenam pada petang ini. Meteor itu meninggalkan jejak ekor yang terlihat beberapa menit di langit bagian barat," jelas Lick Observatory dalam postingan di akun Facebooknya dikutip Kamis 20 Desember 2018. 

Geger Meteorit Seharga Milyaran Jadi Pengganjal Pintu, Kok Bisa?

Pengelola planetarium lainnya juga mengonfirmasi penampakan tersebut adalah cahaya meteor. 

Asisten Direktur Morisson Planetarium California Academy of Sciences, Bing Quock mengonfirmasi apa yang dikatakan oleh Lick Observatory.

Manusia Bisa Hidup di Planet Selain Bumi karena AI

"Cahaya meteor yang begitu terang jatuh di atmosfer. Penampakan terang itu terjadi singkat setelah matahari terbenam. Makanya jejak contrail terlihat karena masih terkena paparan sinar matahari," jelas Quock. 

Dia mengatakan, bentuk asap yang terlihat memang unik. Ada yang mengatakan bentuknya seperti asap rokok. Quock mengatakan, bentuk asap itu memang bisa berubah-ubah karena asap tersebut berada di bagian atmosfer atas yang mana angin cukup meniup contrail dan mengubah bentuknya. 

Beberapa orang yang menyaksikan penampakan tersebut awalnya penasaran. Ada yang mengira pesawat jatuh, serpihan roket atau benda terbang asing. Warga San Francisco lainnya mengira penampakan tersebut adalah jejak pesawat jet. (ali)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya