Jelang Debat, Intip Hashtag Populer dari Kubu Jokowi dan Prabowo

Petugas keamanan melintas di dekat spanduk yang dipersiapkan untuk debat pertama capres-cawapres Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu, 16 Januari 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Debat perdana pasangan capres dan cawapres bakal digelar Kamis malam 17 Januari 2019. Debat ini ditunggu-tunggu oleh masyarakat, sebab untuk pertama kalinya kedua pasangan capres dan cawapres berada dalam satu panggung untuk mengadu gagasan untuk kemajuan Indonesia. 

Gaya 'Sombong' Cristiano Ronaldo Usai Sergio Ramos Tembus 60 Juta Follower

Debat pertama akan mengusung tema Hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), Korupsi, dan Terorisme.

Menyambut debat nanti malam, pantauan di dunia maya khususnya Twitter makin ramai dengan topik yang dibahas malam nanti. Masing-masing kubu pasangan calon pemimpin Indonesia itu sudah melancarkan 'perang' hashtag di Twitter. 

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Data sistem pemantau dan analisis percakapan di media sosial, Drone Emprit menunjukkan, kubu pasangan Jokowi dan Ma'ruf Amin melancarkan beberapa hashtag di Twitter menjelang debat perdana. Drone Emprit mengukur interaksi di Twitter selama 16-17 Januari 2019, dan menunjukkan adanya perang tanda pagar antarkubu.

Drone Emprit mengungkapkan, hashtag populer dari kubu pasangan nomor urut 01 ini yakni #01IndonesiaMaju, #AwalPenyakit dan #JokowiAminHukumTerjamin.

Twitter Pikirkan Cara Baru Perlakukan Hashtag

Dari ketiga tanda pagar ini, yang paling populer adalah hashtag #JokowiAminHukumTerjamin dengan jumlah 646 cuitan, #AwalPenyakit dengan 588 cuitan dan #01IndonesiaMaju dengan 500 cuitan

Munculnya hashtag #JokowiAminHukumTerjamin dari pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin itu relevan dengan topik debat nanti malam, yakni soal penegakan hukum. 

Sedangkan di kubu Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, hashtag populer yakni #17AprilPrabowoPresiden, #ILCMenjelangDebatCapres dan #IndonesiaMenang. 

Secara kuantitas, tanda pagar yang dimunculkan kubu pasangan dengan nomor urut 02 ini lebih unggul. 

Catatan data Drone Emprit menunjukkan, #17AprilPrabowoPresiden dengan 3014 cuitan, #ILCMenjelangDebatCapres dengan 2743 cuitan serta #IndonesiaMenang dengan 2686 cuitan. 

Sedangkan pantauan Drone Emprit sepanjang 1-16 Januari di Twitter, dari sisi jumlah mention pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin lebih populer dari pasangan Prabowo-Sandiaga Uno. 

Data Drone Emprit menunjukkan, dalam kurun waktu 1-16 Januari 2019, pasangan nomor urut 01 mendapatkan 2.232.000 mention di Twitter, sedangkan pasangan nomor urut 02 mendapat 1.930.423 mention. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya