Heboh, Bunga Bangkai Langka Muncul di Tidore

Spesies tanaman langka Bunga Bangkai
Sumber :
  • VIVA/Ifan Beto

VIVA – Warga Kelurahan Toloa, Kecamatan Tidore Selatan, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, Minggu 10 Februari 2019 dihebohkan dengan kemunculan spesies tanaman langka yakni Bunga Bangkai atau Rafflesia di salah satu pekarangan rumah warga setempat.

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Tumbuhan termasuk genus Amorphophallus titanum tersebut tumbuh secara tak terduga di rumah milik Umar Tomaidi, Warga Kelurahan Toloa lingkungan RT 08/RW 8. Munculnya tanaman tersebut mengundang perhatian warga setempat. Sebab, selama ini tumbuhan tersebut tidak pernah ditemukan sama sekali di wilayah Kota Tidore Kepulauan.

Kepada VIVA, Umar mengaku kemunculan Bunga Bangkai di pekarangan rumahnya itu tidak pernah diduga sebelumnya. Ia menuturkan, tumbuhan tersebut muncul secara liar tidak melalui proses penanaman.

5 Tumbuhan Langka di Indonesia, Miliki Kayu Terkuat Hingga Bunga Terindah

“Sudah sekitar satu bulan berada di pekarangan rumah. Mulanya masih kecil sekarang diameternya sudah sekitar 10 centimeter,” ujar Umar.

Sebelumnya, dia dan keluarga merasa hal yang aneh seperti tercium bau busuk di sekitar pengarangan rumah, setelah mengecek sumber bau tersebut akhirnya diketahui berasal dari bunga aneh yang tumbuh di pekarangan rumah milik mereka.

Penampakan Bunga Bangkai di Rumah Warga Jaksel yang Bau Tiap Malam

Kehadiran bunga tersebut mengundang minat masyarakat untuk mengabadikan gambar melalui ponsel mereka dan membagikan ke media sosial. Ciri-ciri bunga memiliki kelopak daun berwarna ungu dan memiliki mahkota tunggal.

Bunga bangkai atau bunga dalam genus Amorphophallus merupakan tumbuhan khas dataran rendah yang tumbuh di daerah beriklim tropis dan subtropis mulai dari kawasan Afrika barat hingga ke Kepulauan Pasifik termasuk di Indonesia. Sebagian besar, bunga bangkai merupakan spesies endemik.

Meski, sudah satu bulan tanaman tersebut berada di pekarangan rumah milik Umar. Namun, belum ada para peneliti maupun dinas terkait yang turun ke lokasi untuk melakukan riset. 

Laporan: Ifan Gusti
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya