Deretan Fenomena Astronomi April 2019, Siap-siap Lihat Bulan Pink

Gerhana bulan super blood wolf moon
Sumber :

VIVA – Pada Maret lalu kita telah disajikan beberapa peristiwa astronomi, mulai dari supermoon hingga equinox. Untuk bulan ini ada kesempatan untuk menyaksikan hujan meteor dan ‘bulan pink’. Fenomena menarik lainnya pun berlanjut pada April ini.

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Dilansir dari laman Mirror, Senin 1 April 2019, peristiwa astronomi pada bulan ini bisa disaksikan hanya dengan mata telanjang, tidak perlu bantuan peralatan mahal untuk dapat menyaksikannya. Berikut adalah kumpulan peristiwa yang bisa disaksikan sepanjang April:

5 April

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Bulan baru akan naik ke langit pada 5 April 2019. Bulan akan terletak di sisi Bumi yang sama dengan Matahari, membuatnya tidak terlihat di langit malam.

11 April

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

Kemudian pada 11 April, kamu bisa menyaksikan Planet Merkurius di langit malam. Untuk bisa menyaksikannya, masyarakat bisa melihatnya searah dengan Matahari terbit, arah timur Laut sebelum Matahari terbit.

19 April

Pada tanggal ini akan ada peristiwa ‘bulan pink’.  Kala itu satelit alami Bumi akan terletak di sisi yang berlawanan dengan Bumi, seperti posisi Matahari. Artinya wajah Bulan akan sepenuhnya diterangi. Suku asli Amerika menyebutnya ‘bulan pink’ penuh karena menandai munculnya sejenis bunga berwarna merah muda, wild ground phlox

22-23 April

Bakal terjadi hujan meteor lyrid. Hujan meteor ini diproduksi oleh partikel debu dari komet C/1861 G1 Thatcher, yang ditemukan pada 1861. Puncaknya peristiwa ini akan menghasilkan sekitar 20 lesatan meteor per jam, sehingga kemungkinan besar masyarakat dapat menyaksikannya di lokasi minim polusi. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya