Logo BBC

Satu Juta Spesies Terancam Punah karena Ulah Manusia

Ilustrasi tanaman dan buah-buahan
Ilustrasi tanaman dan buah-buahan
Sumber :
  • Dokumen BBC Indonesia

Sebanyak satu juta spesies hewan dan tanaman di darat, laut, dan udara terancam punah, akibat tindakan manusia, sebut laporan PBB setebal 1.800 halaman.

Alam mengalami kerusakan secara drastis di mana-mana akibat tindakan manusia dalam mencari makanan dan energi yang tak pernah surut.

Tren ini bisa dihentikan, kata laporan PBB tersebut, namun memerlukan perubahan fundamental dari sisi manusia ketika berinteraksi dengan alam.

Dalam laporan yang disusun dalam tiga tahun dengan materi referensi mencapai 15.000, disebutkan memang alam terkena dampak dari ulah manusia, namun apa yang terjadi dalam 50 tahun terakhir digambarkan seperti "luka yang sangat dalam".

Populasi manusia terus bertambah sejak 1970, ekonomi global tumbuh empat kali lipat sementara volume perdagangan internasional naik 10 kali lipat.


- BBC

Untuk menyediakan makanan, pakaian dan energi, hutan-hutan dibabat dalam skala masif, terutama yang berada di daerah tropis.

Antara 1980-2000, 100 juta hektare hutan tropis hilang, sebagian besar diubah menjadi areal peternakan di Amerika Selatan dan untuk lahan sawit di Asia Tenggara.